Mengenal Lebih Dekat Identitas Baru JD.ID

Mengkomunikasikan sebuah merek lewat salah satu elemen dari identitas merek, misalnya maskot, merupakan salah satu cara yang dapat dipilih oleh pemasar. Tanpa terkecuali oleh JD.ID, perusahaan eCommerce yang terafiliasi dengan JD.com. Tepat pada akhir Oktober ini (27/10), JD.ID resmi merilis maskot terbarunya, yang diberi nama JOY.

joy-maskot-resmi-jd-id

Dijelaskan Teddy Arifianto, Head of Corporate Communication & Public Affairs JD.ID, maskot baru yang berwujud kuda putih berkalung merah itu akan menjadi identitas baru dari perusahaan. “Kami berharap maskot JOY mampu merepresentasikan layanan JD.ID di Indonesia sebagai toko online dengan layanan prima kepada para pelanggan dan pembelinya,” tandasnya.

Nama JOY sendiri, kata Teddy, diambil dari slogan JD.ID, yakni “Make JOY Happen”. Harapannya, nama tersebut dapat diasosiasikan dengan kegembiraan dan kebahagiaan (JOY) bagi semua pemangku kepentingannya. Adapun maskot kuda berkalung merah juga menjadi simbol untuk sosok yang dapat diandalkan dan penuh perhatian, dimana hal itu merupakan nilai-nilai yang menjadi fokus JD.ID—yang selalu mengutamakan layanan dan perlindungan terhadap pelanggan.

“Tidak sekadar maskot, JOY kami harapkan dapat menjadi identitas perusahaan dan mampu mencerminkan layanan JD.ID yang berorientasi pada pelanggan. Sebab sebagai eCommerce, kepuasan pelanggan merupakan tujuan utama kami. Karakter JOY nantinya akan kami gunakan di berbagai bentuk komunikasi JD.ID kepada konsumen,” ujar Teddy.

Maskot terbaru JD.ID, lanjutnya, dipilih berdasarkan kompetisi logo yang diselenggarakan pada 29 April – 19 Juni 2016 lalu. Dari ratusan entri dan usulan desain yang masuk, terpilihlah sosok hewan kuda yang melambangkan mimpi seseorang tentang kekuatan, tenaga, keindahan, dan mampu memberikan kesempatan untuk sejenak melarikan diri dari rutinitas yang monoton.

“Hal itu sesuai dengan kredo JD.ID, yakni komitmen untuk selalu menyediakan pillihan barang yang premium dan otentik dengan harga bersaing, dapat diandalkan, terpercaya, dan juga cepat dalam hal pengantaran,” ceritanya.

Maskot JD.ID tersebut adalah buah karya Roni Ertanto, seorang illustrator asal Madiun, yang berpartisipasi dalam kontes membuat maskot JD.ID sejak pertengahan tahun ini. Ia berhasil menyisihkan 350 karya yang masuk. Dengan demikian, Roni Ertanto berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 20 juta, perangkat Wacom Lintiq 13 HD 13.3”, serta voucher belanja JD.ID senilai Rp 1 juta.

JD.ID juga memilih pemenang favorit yang dipilih berdasarkan pilihan terbanyak di Instagram JD.ID. Maskot berupa sosok tokoh karakter kartun laki-laki bertopi karya Tri Irawan adalah yang terpilih menjadi pemenang untuk maskot terfavorit. Pemenang favorit berhak mendapat perangkat Wacom Intuos Pro Small 4x6. “Ke depannya, sosok JOY ini diharapkan dapat menjadi wajah baru bagi JD.ID untuk lebih mendekatkan diri dengan konsumennya,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)