Categories: BrandingHeadline

Piala Dunia 2014 – Pertarungan Adidas dan Nike di Social Media

Survei yang sama menunjukkan bahwa figur marketing Nike, Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo tiga minggu yang lalu paling banyak diperbincangkan, tapi menurun sejak Inggris dan Portugal tersingkir dari World Cup.

Liking Nike

“Walaupun Adidas menambahkan fitur game yang dipromote aktif di Facebook dan Twitter, justru Nike yang mendapat lebih banyak lagi ‘Likes’ atau ‘Favourites’, kemungkinan karena Nike lebih banyak membuat posting”, ujar Kahane, pakar Marketing.

Brand asal US tersebut juga mengakui bahwa total pengeluaran untuk marketing World Cup meningkat sebanyak 36% di kuartal pertama dan diprediksikan akan meningkat 30% di kuartal kedua. Pengeluaran yang tidak sedikit itu pun berbuah hasil. Dua iklan yang telah dirilis menarik 380 juta online view, menjadikan iklan Nike tiga kali lebih populer dibandingkan Adidas, berdasarkan riset dari Unruly perusahaan teknologi marketing.

Sampai saat ini, Nike telah menyuplai sepatu untuk lebih dari separuh jumlah pemain sepak bola World Cup. Setelah Nike mengatakan akan memberikan sepasang sepatu emas untuk Neymar, posting di akun Facebook pemain bola asal Brazil tersebut telah di-share dan di-like sebanyak 1.2 juta kali.

Tetapi kenyataannya di lapangan, pemain bola yang menggunakan sepatu brand Adidas lebih banyak menciptakan gol. Disamping Neymar, top scorer saat ini dipegang oleh Lionel Messi dan Thomas Mueller, yang keduanya menggunakan sepatu brand Adidas.

Akun Twitter ‘Brazuca’ yang dikelola oleh Adidas menarik lebih dari dua juta followers dan terus meningkat. Tweet dari akun tersebut juga memposting video penyanyi Pharrel Williams dan pertandingan Perancis vs Honduras, dan terbukti mampu menghasilkan 20 juta retweet dan favourite. “Brazuca adalah andalan kami saat ini”, ungkap Ramsden optimis. — Reuters

Page: 1 2Lihat Semua

Shofa Tartilah

Recent Posts

Gandeng Solventum dan PDGI, Cobra Dental akan Gelar “Denta Festiva 2025”

MIX.co.id - Cobra Dental berkolaborasi dengan Solventum dan PDGI Cabang Jakarta Pusat menggelar “Denta Festiva…

3 days ago

Rayakan HUT ke-25, One Piece x Tahilalats Gelar ‘Party at The Pier’

MIX.co.id – Dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-25, One Piece, salah satu seri…

3 days ago

Buka di Stasiun Gambir, Smartfolks Coffee Targetkan 300 Outlet di 2025

MIX.co.id - Berawal dari satu gerai di area Kampus Trisakti pada September 2019, kini Smartfolks…

3 days ago

Rayakan Re-Launching T-Rex 3, Amazfit Gelar “Gear Up for Adventure”

MIX.co.id – Amazfit, brand global dalam teknologi wearable, merayakan re-launching smartwatch Amazfit T-Rex 3 dengan…

3 days ago

Raisha Wirapersada, Media Relations Officer Multitalenta

MIX.co.id - Raisha Wirapersada memulai kariernya sebagai Fashion Stylist Assistant di Majalah Kartini pada 2010,…

3 days ago

Jelang Akhir Tahun, Asus Rilis Laptop Gaming Tipis Berteknologi AI

MIX.co.id - Belakangan ini, tren yang tengah terjadi di industri laptop adalah laptop ber-body yang…

3 days ago