Communications with a New Generation of Mothers

Jadi, bagaimana pemasaran menemukan pesan yang tepat untuk pemasaran yang mentarget ibu-ibu? Beberapa perusahaan berusaha mengungkapkan “hati” mereknya. Mereka mengetahui bahwa ibu mengingkan ketulusan dan kredibelitas tidak peduli apaapun fokusnya. Disini pentingnya menampilkan sesuatuyang membuat merek Anda unik dan menjelaskan bagaimana hal itu bisa memenuhi kebutuhan dan gaya hidup target pelanggan Anda.

Prenagen misalnya, iklannya mencoba menyentuh sisi emosional sekaligus fungsional produk. “Secara emosional, kami menyampaikan bagaimana bahagianya menjadi seorang ibu, dan bahwa bagaimana Prenagen sangat mengerti dan memahami mereka,” ujar Luhur Budijarso, Marketing Director Kalbe Nutritionals- produsen Prenagen. Sementara dari sisi fungsional, mereka menyampaikan keunggulan-keunggulan nutrisi yang dimiliki Prenagen untuk mendukung kesehatan ibu dan janinnya, serta menyampaikan range produk Prenagen yang lengkap.

Mereka sebagai konsumen menuntut cara penyampaian pesan yang ramah dan berbicara dengan mereka sebagai pasangan bukan sebagai pihak yang berkuasa untuk memerintah. Dari sisi isi, pesan harus menonjolkan solusi karena karateristik generasi yang lebih mementingkan pada hasil akhir. Karna itu sangat penting bagi pemasar untuk membiarkan mereka mengetahui sejak awal mengapa informasi yang pemasar presentasikan sangat berharga bagi mereka.

Berbeda dengan saat mereka belum menikah atau belum memiliki anak, pesan-pesan yang menunjukkan gamabaran “pemberontakan”, menurut Bailey dan Ulman tidak akan efektif untuk segmen ibu Gen Y. Hal ini disebabkan mereka memiliki kekaguman terhadap orang tua mereka sehingga cenderung mengikuti apa yang disampaikan orang tua mereka, terutama dalam hal cara-cara .

Pesan tersebut akan efektif bila disampaikan kepada mereka di mana saja mereka berkumpul, mulai dari mal, taman bermain, dan pusat-pusat pembelajaran. Dengan kata lain banyak contact point yang dimanfaatkan pemasar sehingga memungkinkan mereka untuk menemukan pesan, termasuk misalnya melalui handphone atau internet.

Page: 1 2Lihat Semua

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Empowering SMEs, Evermos “The Best Creating Shared Value Program” Indonesia Corporate Sustainability Initiatives 2024

MIX.co.id - “Empowering SMEs through Inclusive Embedded Financing” merupakan program keberlanjutan yang digelar Evermos untuk…

8 hours ago

BluAcademy, BCA Digital “The Best Cause Promotion Program” Indonesia Corporate Sustainability Initiatives 2024

MIX.co.id - Tahun 2023, BCA Digital secara proaktif dan konsisten menginisiasi kegiatan literasi, edukasi, dan…

11 hours ago

Rayakan Hari Ibu, Prenagen Kampanye #KauBegituSempurna

MIX.co.id – Memperingati Hari Ibu, Kalbe Nutritionals melalui salah satu produknya Prenagen Lactamom meluncurkan kampanye…

13 hours ago

Clinic Start to Change Erha “The Best Circular Economy Program” Indonesia Corporate Sustainability Initiatives 2024

MIX.co.id - Sebagai bagian dari tanggung jawab sosialnya, Erha Clinic meluncurkan program circular economy "Start…

14 hours ago

Dukung SDGs, Smartfren Jalankan Inisiatif Keberlanjutan Berbasis Corporate Value “Panca Garda”

MIX.co.id - Sepanjang 2024, Smartfren telah menggelar rangkaian program corporate social responsibility (CSR) melalui lima…

17 hours ago

BAGAIMANA MENJEMBATANI KESENJANGAN SIKAP PROIDUK HIJAU?

Isu keberlanjutan kini menjadi fokus global, mendorong perusahaan dan masyarakat untuk menemukan cara yang dapat…

18 hours ago