Era digital telah membuka bisnis baru di industri broadcasting. Jika dulu siaran TV dan radio cukup untuk menayangkan konten hiburan, di era digital kedua media itu belum dinilai cukup oleh pemirsa. Kini, seiring dengan perkembangan teknologi 4G-LTE, telah hadir platform live streaming yang dikemas secara interaktif lewat forum chatting. Platform baru itulah yang ditawarkan oleh Siaranku.com sejak Desember 2014 lalu.
Melalui platform tersebut, dikatakan Vice President Business Development & Operation Department Siaranku.com Yuniarti G. yang akrab disapa Nia, Siaranku.com menghadirkan lima konten andalannya. Yakni, konten Umum, Curhat, Olahraga, Musik, dan Film. Sebagai platform live streaming lokal, Siaranku.com menyasar segmen anak muda usia 15-35 tahun yang haus hiburan.
"Dengan konten interaktif, mereka yang tengah menonton Siaranku.com dapat berinteraksi langsung dengan host lewat chat room yang tersedia. Mulai dari request lagu, hingga bertanya langsung dengan host. Mereka dapat menikmati Siaranku.com lewat website atau aplikasi mobile secara gratis, mulai pukul 8 pagi hingga 2 pagi. Saat ini, sudah ada 1 juta register user Siaranku.com," paparnya.
Memasuki Ramadhan tahun ini, Siaranku.com memutuskan untuk menggandeng Yusuf Mansur Televisi untuk menayangkan program religi bertajuk Kongkow Ramadhan. Acara religi itu akan mulai tayang pada 1 Juni 2016 hingga 35 hari ke depan, selama 4 jam setiap harinya. Program Kongkow Ramadhan dibagi dalam segmen MP4, Wisata Hati, Dunia Islam, dan Sharing Bareng.
Diterangkan Nia, MP4 adalah program musik yang akan dibawakan oleh host Ayu Nitria, Riana Kusuma, Zian Anggi, dan Zahra Shalimah. "Program tersebut akan menyuguhkan sajian musik Islami di saat menjelang buka puasa," lanjutnya.
Sementara itu, Wisata Hati merupakan potongan ceramah Ustad Yusuf Mansur yang menginspirasi. Adapun Dunia Islam, ditambahkan Nia, merupakan program yang akan menyajikan informasi terkini tentang perkembangan Islam di dunia. "Pada program Sharing Bareng, akan dihadirkan Ustad Maher Khan, Ustad Anwar Sani, serta sejumlah artis seperti Terry Putri, April Jasmine, dan artis lainnya," Nia menjelaskan.
Cara Memonetisasi Siaran Live Streaming
Diakui Nia, sampai saat ini jumlah pengiklan di Siaranku.com--baik dalam bentuk banner, Ad Lips, maupun event--memang belum banyak. Namun, monetisasi tayangan dilakukan lewat sistem virtual gift. "Audience dapat memberikan apresiasi berupa virtual gift kepada host yang tengah siaran. Aneka virtual gift dapat diperoleh audience dengan cara membeli koin virtual sebesar Rp 100 hingga Rp 250 per koinnya. Koin tersebut nantinya dapat dikonversi dengan virtual gift yang dapat diberikan untuk host yang mereka sukai," imbuh Nia.
Menurutnya, sistem virtual gift itulah yang membuat Siaranku.com mampu memperoleh banyak pendapatan. "Memang tidak semua viewer atau audience merupakan big spender. Para profesional yang bekerja di sektor pertambangan dan saham-lah yang termasuk big spender," ucap Nia, yang menyebutkan program andalan Siaranku.com adalah Curhat dan Musik yang mampu menyedot 1.000 viewer setiap kali tayang.
Tak tanggung-tanggung, kategori big spender Siaranku.com setiap bulannya mampu berbelanja koin Rp 30 juta hingga Rp 250 juta tiap bulannya. Biasanya mereka tinggal di daerah seperti Kalimantan, Makassar, dan Surabaya yang memiliki akses 4G. Mereka juga sangat haus akan hiburan. "Sayangnya, daerah mereka sangat minim hiburan. Artinya, butuh waktu untuk mendapatkan hiburan di kota besar. Dan, Siaranku.com mampu menjawab kebutuhan mereka," papar Nia, yang mengaku kini Siaranku.com sudah BEP (Break Even Point).
1 thought on “Begini Strategi Siaranku.com Membesarkan Pasar Live Streaming”