Inilah 4 Tren Mobile Marketing 2016

Pertumbuhan mobile yang sangat progresif telah menciptakan cara-cara baru dalam berkomunikasi. Cukup dimaklumi, karena kehadiran perangkat mobile telah mengubah perilaku konsumen. Hampir semua aktivitas keseharian konsumen tak bisa lepas dari perangkat mobile mereka. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang memanfaatkan mobile sebagai kendaraan marketing mereka. Mulai dari kampanye pemasaran, beriklan, hingga penjualan dihadirkan dalam format mobile.

mobile marketing

mobile marketing

Tahun 2016, mobile diprediksi akan menjadi tools yang paling efektif untuk melakukan kampanye pemasaran. Untuk itu, tahun 2016 tidak hanya akan menjadi tahunnya mobile, tetapi juga menjadi tahunnya inovasi mobile. Director of Global Strategic Partnership Fyber Ross Barasch, Sr., seperti dikutip dari mobilemarketingwatch.com, ada empat tren mobile marketing yang harus dicermati pemasar pada tahun 2016.

1. Viewability Menjadi Alat Ukur yang Efektif Viewability akan menjadi kunci untuk mengukur efektivitas kampanye iklan mobile. Konsensus di industri pada pengukuran Viewability akan menyebabkan penetapan harga baru dan pergeseran besar ke ponsel. Untuk itu, brand membutuhkan cara yang konsisten untuk mengukur keberhasilan kampanye mereka di mobile. Dengan penekanan pada Viewability yang meningkat, brand dan pengiklan akan mulai melihat tools pengukuran yang tidak sederhana lagi seperti dulu, karena mereka akan mengukur keberhasilan kampanye dan berinvestasi lebih banyak dalam ponsel.

2. Format Video yang Menciptakan Engagement akan Terus Mendominasi Format iklan pada perangkat mobile berlayar besar, membuat ponsel memiliki kesempatan untuk menampilkan tayangan video yang sangat nyaman dapat dilihat. Tidak seperti pada desktop, format iklan di layar mobile tidak perlu bersaing untuk memperebutkan perhatian penuh dari pengguna. Video juga memungkinkan pengiklan untuk menghadirkan sejumlah iklan yang berpeluang untuk dikonsumsi. Sejatinya, iklan mobile yang mampu melibatkan audience atau menciptakan engagement adalah format yang paling efektif dalam menarik animo audience.

3. Mobile Marketer Akan Menempatkan Kreatif di Atas Segalanya Pemasar akan berusaha untuk memberikan pengalaman iklan mobile yang unik dan mendalam yang menarik hati konsumen. Dengan perkembangan teknologi iklan video pada perangkat mobile, maka membuat brand berpeluang menciptakan iklan-iklan yang menyentuh dan experiential. Artinya, teknologi memungkinkan pemasar menghasilkan gambar dan sensasi iklan mobile yang mampu menciptakan pengalaman multi indra audience, di mana pengalaman multi indra itu tidak bisa dilakukan di desktop maupun TV.

4. Publisher Akan Menggunakan Sejumlah Saluran Komunikasi Secara Bersamaan Dengan peningkatan pengiklan mobile, kita tidak hanya akan mulai melihat publisher atau penerbit (pemilik media) bekerja dengan beberapa saluran (channel) komunikasi yang berbeda secara bersamaan. Namun, demi memonetisasi mobile marketing, publisher juga akan berkerja sama dengan berbagai agensi iklan mobile secara bersamaan. Selain itu, publisher juga akan memilih menggunakan platform yang memungkinkan mereka untuk mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)