Jelang tutup tahun 2015, para pemasar atau marketers dituntut untuk mencari tahu tren digital marketing di tahun depan. Sejatinya, insight tentang tren tersebut dapat menjadi modal bagi para pemasar untuk merancang digital marketing plan di tahun 2016.
Seperti apa tren digital marketing tahun 2016? Diungkapkan Justin Wilson, seperti yang dikutip dari Business2Community.com, ada tujuh tren digital marketing yang dapat dicemati oleh para pemasar.
1. Story Telling
Dengan begitu banyaknya perusahaan dan brand yang merilis konten ke web maupun platform sosial media, maka akan sulit mencuri perhatian para netizen. Dan, konten yang mampu menceritakan kisah-kisah menarik di digital adalah kampanye yang berpeluang paling sukses. Menciptakan story telling dalam kampanye digital memang tidak mudah, tergantung pada industri masing-masing.
2. Konten ROI (Return of Investment)
Bercerita bukan satu-satunya tantangan pemasaran konten (content marketing). Konten pemasaran telah memiliki banyak dukungan selama beberapa tahun terakhir dan 2016 adalah tahun di mana CEO akan bertanya apa yang pemasar benar-benar bisa dapatkan untuk semua investasi yang telah dikeluarkan perusahaan?
3. Video Sosial
Awalnya, gambar merupakan elemen yang kuat di media sosial Tapi, sekarang konsumen telah beralih ke video. Hambatan lama seperti peralatan mahal, kru film, sutradara, dan lainnya dalam membuat sebuah video sudah tidak berlaku lagi. Saat ini, semuanya dapat dilakukan lewat sebuah ponsel dalam bentuk live streaming misalnya. Biasanya, video sosial ini memang lebih akrab dengan segmen muda.
4. Media Sosial Tidaklah Gratis
Selama ini, mungkin banyak pemasar telah menggunakan media sosial secara gratis di tahun 2015 ini. Namun, hal itu akan menjadi semakin sulit di tahun depan. Sebab, di tahun 2016, untuk memiliki rencana pemasaran media sosial tanpa anggaran sepeser pun akan sangat sulit. Menonjolkan pesan di social media tanpa ada anggaran, sudah akan menjadi mustahil di tahun depan.
5. Kombinasi Mobile dan Lokal
Google telah menghabiskan banyak waktu untuk berpikir tentang SEO lokal dan SEO ponsel selama satu atau dua tahun lalu. Oleh karena itu, agar rencana bisnis berjalan efektif, lokal dan seluler adalah kuncinya, bahkan menjadi lebih penting pada tahun 2016.
6. Tahunnya Apps (Aplikasi)
Tahun 2016 akan menjadi tahunnya untuk aplikasi. Apakah aplikasi mobile benar-benar ada untuk mengambil alih dari website mobile, di mana penyimpanan aplikasi pada perangkat mobile terbatas?
7. Internet of Things
Internet of Things adalah di mana benda rumah tangga biasa memiliki konektivitas dan dapat mengirim dan menerima data. Tahun 2015 boleh jadi menjadi cikal bakal hadirnya Internet of Thing, antara lain dengan kehadiran produk-produk smart electronic, seperti smart TV.