Langkah Indonesia Menuju Revolusi Digital

Tingginya pertumbuhan pengguna internet di Indoesia memicu pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan berbasis ekonomi digital. Tepat di Hari Bhakti Postel ke-71 pada akhir Oktober ini, pemerintah menargetkan Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020 mendatang.

img_20161030_22673

Dikatakan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, saat ini pemerintah terus mendorong digitalisasi melalui layanan digital di seluruh Indonesia. "Dengan demikian, masyarakat akan semakin dapat menikmati manfaat digital sesuai dengan target pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” ujarnya.

Pada perayaan Hari Bhakti Postel ke-71, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia mengusung tema "Revolusi Digital Menuju Indonesia Hebat”. Pada perayaan yang digelar di Plaza Barat Gelora Bung Karno-Jakarta itu, Kemenkominfo menggandeng seluruh operator dan komunitas telekomunikasi nasional.

Tema yang diusung kali ini, lanjut Rudiantara, sejalan dengan visi pemerintah 2020 untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar se -Asia Tenggara. "Peringatan Hari Bhakti Postel menjadi momentum bagi seluruh komunitas Postel dan Penyiaran untuk terus menghadirkan layanan telekomunikasi terbaik, terjangkau, dan semakin merata di seluruh pelosok tanah air," tegasnya.

Ditamahkan Ketua Umum Hari Bakti Postel ke-71 Alexander Rusli, dengan semangat Hari Bakti Postel ke-71 dan dijiwai tema utama tahun ini, berbagai acara digelar. Di antaranya, 7.1K Digital Running for Innovation, Pasar Digital, Mobil Klinik, Pameran OTT (Over the Top), dan Panggung Hiburan. "Tema ‘digital’ ini merupakan yang pertama kali dilakukan dalam peringatan Hari Bhakti Postel selama ini," ujar Alexander yang menargetkan Lomba Digital Running diikuti lebih dari 2000 peserta.

Sementara itu, kegiatan Pasar Digital, lanjut Alexander, diselenggarakan untuk memberikan literasi kepada masyarakat umum mengenai electronic money dari industri telekomunikasi. Dengan demikian, dapat menggiatkan penggunaan uang digital atau E-money yang dimiliki oleh setiap operator dalam transaksi ecommerce dan lainnya. Adapun Pameran OTT bertujuan untuk mengakomodasi pertumbuhan startup-startup potensial Indonesia.

Peringatan Hari Bakti Postel ke-71 dipusatkan di Plaza Barat Senayan, Jakarta, pada hari ini (30/10) dan dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, jajaran pejabat serta pegawai di lingkungan Kemkominfo, BRTI, asosiasi dan komunitas telekomunikasi, hingga operator-operator telekomunikasi--seperti Indosat Ooredoo, PT Pos, Telkom, Telkomsel, Hutch3, Mastel, PT Inti, XL Axiata, dan Smartfren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)