Strategi Blibli.com Genjot Penjualan hingga Enam Kali Lipat

Fesyen masih menjadi salah satu kategori paling seksi bagi situs belanja online di Tanah Air. Terbukti, dua produk yang paling sering dibeli di toko online pada tahun 2014 adalah busana (71,6%) dan kosmetik (20%). Selanjutnya, diikuti oleh gadget di tempat ketiga (17,1%). Demikian data yang dirilis Asosiasi Perusahaan Jasa Internet Indonesia.

IMG_20151126_47148

Blibli.com, sebagai mall online pertama dan terbesar di Indonesia, pun menjadikan fesyen sebagai kategori andalan mereka. Mengapa? Hasil Consumer Profiling Study Blibli.com pada September 2015, menunjukkan bahwa mayoritas pengunjung Blibli.com memilih fesyen sebagai kategori produk yang paling dicari Blibli.com. Sementara itu, kategori lain yang paling dicari adalah handphone dan tablet serta kesehatan dan kecantikan.

Fesyen memiliki kontribusi penjualan yang sangat signifikan bagi Blibli.com. Sampai saat ini, kontribusi penjualan produk fesyen di Blibli.com menempati nomor tiga setelah gadget. "Bahkan, antara Januari-Oktober 2015 terjadi lonjakan permintaan produk fesyen dan kecantikan. Pada kategori produk kesehatan dan kecantikan terjadi lonjakan penjualan hampit 400%, diikuti fesyen wanita 350%, dan fesyen pria yang meningkat lebih dari 250% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya," ujar CEO Blibli.com Kusumo Martanto hari ini (26/11) di Jakarta.

Alasan itulah yang membuat Blibli.com tahun depan akan fokus pada kategori fesyen. Hal itu ditandai dengan event penghujung tahun yang digelar Blibli.com pada akhir November 2015 ini, "Blibli.com Meet Style 2015 Fashion Capital". Diuraikan Kusumo, program Blibli.com Meet Style adalah ajang tahunan terbesar Blibli.com di kategori fesyen dan kecantikan.

"Melalui program ini, kami mempertemukan shoppers, komunitas, media, dan bloggers dalam satu kegiatan. Pada aktivasi merek ini, kami menyajikan make up tutorial, fashion talkshow, hingga peragaan busana dari tiga karya desainer lokal Billy Tjong, Luna Maya dengan brand Luna Habbit, dan Ussy Sulistiawaty melalui merek House of Ussy," terang Kusumo.

Selain mengumumkan kerja sama eksklusif dengan ketiga desainer lokal itu, pada aktivasi ini, Blibli.com juga berkolaborasi dengan L'Oreal Paris untuk menghadirkan koleksi make up terbaru serta memberikan make up tutorial "Runway Makeup Trend for Fall 2015/2016" bersama penata rias Official Makeup Artist L'Oreal Paris Adi Adrian.

"Banyak pilihan fesyen yang kami hadirkan untuk kepuasan pelanggan kami. Ke depannya, kami akan terus mengembangkan kategori fesyen dengan kolaborasi bersama lebih banyak pemilik brand ataupun para desainer lokal. Kami berharap, produk fesyen kami disambut pecinta shopping online di seluruh Indonesia. Tahun depan, kami mematok kenaikan penjualan hingga enam kali lipat. Mengingat, penjualan Blibli.com di tahun-tahun sebelumnya selalu melebihi target dan ekspektasi kami," patok Kusumo.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)