Usai Pencarian Online, Konsumen Pilih Transaksi di Online atau Offline?

online customer ok

Meski tren belanja online atau e-commerce tampak meningkat pesat, namun industrinya masih memasuki tahap awal. Merujuk Consumer Barometer 2015 (Local Report), ternyata pembelian atau transaksi yang dilakukan konsumen Indonesia di online baru mencapai 7%. Sementara 93% orang Indonesia masih transaksi di offline.

Hal menarik lainnya yang perlu dicermati oleh pemasar atau pengeloal merek adalah kebiasaan konsumen Indonesia sebelum melakukan pembelian. Ada 25% responden yang melakukan pencarian informasi di online terlebih dahulu, sebelum mereka membeli. Dari angka itu, 19% masih memilih melakukan transaksi di offline, sedangkan yang memilih transaksi di online hanya 6%.

Tak mengherankan, jika pakar marketing di Indonesia asal MarkPlus, Hermawan Kartajaya, senantiasa menganjurkan para pemasar untuk mengusung konsep O2O (Offline to Online atau Online to Offline). Menurut Hermawan, di antara keduanya—Online dan Offline—harus saling terintegrasi.

Berdasarkan konsumen yang memilih melakukan riset online untuk kemudian melakukan transaksi di offline, ternyata ada lima jenis industri yang menempati posisi tertinggi. Kelimanya adalah asuransi mobil (38%), tiket bioskop (37%), laptop (36%), hotel (35%), dan penerbangan (33%).

Sementara itu, berdasarkan konsumen yang memilih melakukan riset online terlebih dahulu, untuk selanjutnya memutuskan transaksi (pembelian) di online, maka tertinggi pertama adalah industri penerbangan (23%). Kemudian, diikuti oleh industri musik (19%), pakaian dan sepatu (13%), mobile phone (12%), hotel (12%), dan travel (8%).

Hasil survei itu juga mengungkapkan bahwa brand-brand yang mudah ditemukan di online berpotensi untuk dibeli konsumen. Dan, delapan dari sepuluh konsumen Indonesia mengaku hanya mempertimbangkan satu hingga dua brand sebelum mereka melakukan pembelian. Oleh karena itu, penting bagi pemasar untuk tetap menjadikan brand mereka top of mind di benak konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)