Categories: HeadlineMedia

Kontes Live Tweet saat Press Conference, Lebih Cocok untuk Media atau Blogger?

Belakangan banyak pengelola merek memanfaatkan kontes social media melalui live tweet pada saat press conference berlangsung. Objektifnya, untuk mengamplifikasi sekaligus mempercepat pesan brand tersebar ke publik. Apakah media-media di Indonesia tertarik berpartisipasi? Atau cara itu justru lebih efektif untuk para blogger?

Penulis: Dwi Wulandari Peliput: Shofa Tartilah

Press conference menjadi salah satu cara brand owner berkomunikasi dengan media atau jurnalis—yang hingga kini dianggap sebagai tokoh netral oleh publik. Toh, lewat liputan media, viralisasi pesan komunikasi dapat tercipta. Tak mengherankan, jika press conference menjadi tools Marketing Public Relations (Marketing PR) yang paling disukai oleh para pengelola merek dalam menyampaikan pesan-pesan brand.

Adalah kontes social media menjadi salah satu cara brand dalam memaksimalkan press conference. Terbukti, tak sedikit brand di Indonesia, kerapkali menggelar kontes social media pada sepanjang press conference digelar. Obyektifnya, tentu saja untuk men-drive media memanfaatkan social media mereka untuk mem-viralisasi sekaligus meng-amplifikasi pesan komunikasi pada sepanjang press conference berlangsung.

Acer misalnya, merupakan salah satu brand yang menggunakan strategi tersebut pada saat peluncuran dua produk smartphone anyarnya, Acer Liquid Jade dan Acer Liquid Z500. Diluncurkan di Jakarta pada penghujung Oktober ini, Acer mengundang puluhan media dan blogger yang hadir pada saat press conference peluncuran Acer Liquid Jade dan Acer Liquid Z500, untuk mengikuti kontes men-tweet. Agar menarik media berminat mengikuti kontes tersebut, Acer pun menawarkan hadiah istimewa, yakni produk smartphone baru yang sedang diluncurkan.

Media serta blogger, diundang untuk berpartisipasi men-tweet lewat mention @acerID dengan hashtag #FaceofJade. Isi tweet adalah komentar tentang smartphone terbaru dari Acer. Tentu saja, sebelum men-tweet, terlebih dahulu media dan blogger diundang untuk menjajal sekaligus ber-experience langsung dengan dua produk baru Acer di booth yang telah tersedia di acara press conference. Tak kurang dari 100 mention dapat didulang oleh acer lewat kontes tersebut.

Serupa dengan Acer, Smartfren juga pernah menggunakan social media dalam mengoptimalikasikan press conference. Yuditia Hendrawarman, Senior Head of Section Digital & Social Media Marketing PT Smartfren Telecom, mengungkapkan, pada saat press conference, Smartfren biasanya melakukan live tweet dan FB mengenai hal yang terjadi pada press conference.

“Tujuan digunakannya kontes tweet untuk mengamplifikasi pesan ke luar, sehingga info yang didapat di press conference dapat cepat menyebar di jejaring sosial. Harapannya, frekuensi dapat meningkat karena adanya Retweet dan Mention di Twitter khususnya, termasuk juga di-share di Facebook. Kuncinya, content dan engagement pada saat press conference memang harus menarik. Namun, tweet contest biasanya kami lakukan lebih sering di acara komunitas,” kata Yuditia.

Hasilnya, menurut Yuditia, media selalu membantu Smartfren dalam berpartisipasi di kontes social media, baik pada saat press conference maupun pada saat campaign. “Sejauh ini, objektif kami selalu tercapai,” tegasnya.

Tidak hanya para pemasar di industri telekomunikasi, pemasar di industri kosmetik juga memanfaatkan kontes live tweet pada momen press conference. Contohnya, brand kosmetik asal Korea, Etude House.

Dijelaskan Almando, Media Relation Etude House Indonesia, “Kami selalu menggunakan social media dalam konferensi pers (press conference) untuk memberi tahu atau menciptakan buzz bahwa Etude House tengah memiliki produk terbaru. Dengan demikian, orang tahu produk terbaru kami yang akan masuk ke store atau toko di Indonesia.”

Contohnya, pada saat keferensi pers untuk produk Nail Art, Etude House menggelar Nail Art Competition pada sepanjang konferensi pers berlangsung. Media dan blogger diundang untuk men-tweet dengan mention #magicanycushionlaunch. Lagi, produk baru yang sedang diluncurkan menjadi hadiahnya.

Page: 1 2

Dwi Wulandari

Recent Posts

Tingkatkan Daya Saing BUMN Melalui Strategi M&A dan Reformasi Hukum

MIX.co.id – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menghadapi tantangan pada tata kelola dan ketidakpastian hukum.…

2 hours ago

Kadin Tegaskan AD/ART Sebagai Landasan Pelaksanaan Organisasi

MIX.co.id – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, sebagai mitra strategis pemerintah dalam pengembangan ekonomi…

14 hours ago

Forum Bisnis HunIndotech 5.0, Gelar FGD Bahas Analisis Malware

MIX.co.id – Serangan terhadap Pusat Data Nasional telah mengungkap kelemahan serius dalam sistem pertahanan siber…

15 hours ago

Indomilk Luncurkan Kemasan Edisi Spesial Timnas

MIX.co.id - Official partner Timnas Indonesia, Indomilk, resmi merilis Kemasan Edisi Spesial Timnas, pada hari…

16 hours ago

Gelar Edukasi SADARI,  Charm dan YKPI Jangkau lebih dari 400 Siswi SMP dan SMA di Jakarta

MIX.co.id - Merek pembalut wanita Charm kembali berkolaborasi dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) menggelar…

17 hours ago

wondr by BNI Gelar Program “wondrful Indonesia Comic Con 2024”

MIX.co.id - wondr by BNI, plikasi mobile bankingdari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. berkolaborasi…

17 hours ago