Majalah Antarkita Trakindo, Best of the Best In-House Media 2015

trakindo antarkita Majalah Antarkita milik Trakindo raih penghargaan Best of the Best In-House Media 2015

Untuk mengomunikasikan perkembangan perusahaan, kebijakan manajemen, dan kegiatan perusahaan lainnya, PT Trakindo Utama (Trakindo) membuat media ingriya berupa majalah internal bernama Antarkita. Selain untuk menyampaikan pesan dari manajemen, media ini dibuat untuk menciptakan kekompakan antar-karyawan, serta membentuk kesetiaan karyawan kepada perusahaan. Dan dari sisi startegis, media ini dibuat untuk menghadapi tantangan lokasi kerja karyawan Trakindo yang tersebar di lebih dari 60 cabang di seluruh Indonesia,

Selain Majalah Antarkita, Trakindo setidaknya memiliki empat media komunikasi lainnya, yaitu Papan Pengumuman (NoticeBoard), Electronic Newsletter, Intranet, dan Email blast. Dari semua channel komunikasi tersebut, Trakindo mengandalkan Majalah Antarkita sebagai media utama mengingat setengah dari total populasi karyawan Trakindo yang berjumlah lebih dari 6.500 orang tidak mempunyai akses kepada email maupun intranet.

Majalah Antarkita yang terbit setiap tiga bulan sekali itu terbagi menjadi beberapa rubrik, yaitu Dialogue, Advancing Together, Forward, Spirit, Brave, Exemplify, Excelling Progress, Advancing Community, dan The Trakindo Club. Setiap rubrik yang dibuat mempunyai maksud dan tujuan tertentu agar selaras dengan tujuan dibuatnya majalah internal ini. Penamaan rubrik juga disesuaikan dengan semangat brand Trakindo yaitu bersama-sama menciptakan etos kerja yang unggul demi kemajuan Trakindo.

Dari semua rubrik di Majalah Antarkita, rubrik The Trakindo Club adalah salah satu rubrik yang cukup menarik karena khusus dibuat untuk anak-anak karyawan Trakindo. Rubrik ini berisi permainan kata, huruf, angka serta ketrampilan melipat dan menggunting. Isi dari materi yang ada di permainan anak ini juga dikaitkan dengan kegiatan bisnis perusahaan. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak karyawan dapat mengenal lebih dekat dunia kerja yang sehari-harinya digeluti oleh orang tua mereka.

Terkait efektivitas, berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim Corporate Communication Trakindo, 50% karyawan Trakindo selalu membawa pulang Majalah Antarkita yang mereka terima agar dapat dibaca oleh keluarga mereka.

Sebagai majalah internal perusahaan, Majalah Antarkita dinilai berhasil menonjolkan ciri khas-nya sebagai majalah perusahaan Trakindo. Oleh karena itu, MIX MarComm menganugerahi Majalah Antarkita milik Trakindo sebagai Best of the Best In-House Media 2015.

“Majalah Antarkita adalah media internal yang interaktif dengan desain yang menarik dan tidak monoton. Semuanya secara keseluruhan mengacu pada satu tema sesuai dengan tema di edisinya. Rubrikasinya juga menarik dan dikemas dengan santai, khas in house magazine,” komentar Andre Ikhsano, salah satu juri PR Program Award 2015.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)