Kenaikan jumlah pengguna layanan internet Over-The Top memicu tumbuhnya pasar ini di Indonesia. Brand-brand besar, lokal maupun asing, terlihat massif menggarap pasar dengan berbagai tawaran produk layanan, hingga aktivasi merek. Seperti apa langkah mereka merangsek pasar Indonesia?
Sebagai salah satu negara yang pertumbuhan pengguna internetnya tertinggi di dunia, Indonesia menjadi pasar yang sangat seksi untuk pelaku bisnis penyedia jasa internet (internet service provider). Data e-Marketer menyebutkan bahwa pada 2016 pengguna internet di Tanah Air telah mencapai 102,8 juta jiwa. Itu artinya, hampir separuh dari jumlah penduduk Indonesia. Jumlah tersebut masih akan mengalami peningkatan pada 2018 mendatang, yakni diprediksi menjadi 123 juta.
Kenaikan pengguna internet di Indonesia sejalan dengan pertumbuhan layanan Over-The Top (OTT), yakni layanan dengan konten berupa data, informasi, atau multimedia yang memanfaatkan jaringan internet. Sejatinya, pertumbuhan pasar layanan OTT tersebut tak lepas dari upaya perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pasar, terutama generasi millennials yang memang “haus” akan konten-konten informatif dan hiburan.
Tak mengherankan, jika sejumlah perusahaan penyedia layanan internet di Tanah Air massif merangsek pasar Indonesia. Sebut saja, First Media dan Bolt dari Lippo Group, IndiHome dari Telkom Group, MNC Play dari MNC Group, serta paling anyar MyRepublic dari Sinar Mas Land Group. Ketiganya tampak aktif menawarkan layanan menarik dengan harga yang kompetitif, hingga menggelar penetrasi ke berbagai kota di Indonesia.
First Media, sebagai penyedia layanan internet dan TV berbayar misalnya, menawarkan paket bundling TV berbayar, OTT, dan layanan broadband untuk memberikan pengalaman yang lengkap dan terintegrasi bagi para pelanggan, baik saat mereka di rumah atau pun saat dalam perjalanan.
“Selain memperkaya layanan TV tradisional dengan menawarkan layanan Personal Video Recorder (PVR), Video on Demand (VOD) dan Catch-up TV, kami juga menyediakan layanan OTT seperti aplikasi berbasis Android, termasuk YouTube, aplikasi Google, games, dan pencarian melalui suara dengan menggunakan set-top box yang sama. Kami juga menyediakan layanan First Media X, TV Anywhere OTT yang memungkinkan pelanggan untuk menikmati konten hiburan dan tayangan televisi melalui perangkat mobile. Sejak diluncurkan pada Juni 2016 , kami menerima respon yang positif,” ujar Desmond Poon, CTO PT Link Net Tbk. (First Media).
Sementara itu, demi melakukan penetrasi dan mengedukasi market, First Media kembali menggelar acara “NeXt Gen Experience Tour ke-4” selama tiga hari pada akhir Oktober 2016 di Main Atrium Cibubur Junction. Acara bertema #AlwaysFirst itu menyasar para pelanggan setia First Media dan masyarakat umum. Objektif dari kegiatan tersebut adalah agar mereka dapat merasakan secara langsung inovasi terdepan First Media serta menikmati sejumlah hiburan lainnya, seperti Kids Costume Festival. Menariknya, semua pelanggan First Media yang datang ke aktivasi merek tersebut mendapatkan Free All Channels dan Free Speed Upgrade, serta Exclusive Invitation untuk merasakan First Media NeXt Generation Experience
Bolt, perusahaan pionir yang menawarkan layanan 4G LTE...