Strategi Flip Merebut Perhatian publik Melalui Kampanye #FlipSehidupSemati

MIX.co.id - Membangun brand awareness dengan kampanye komunikasi yang menarik menjadi salah satu strategi kunci dalam membetot perhatian publik. Upaya ini pula yang dilakukan oleh Flip, startup fintech (financial technology) yang didirikan pada 2015 lalu oleh alumnus Universitas Indonesia, Rafi Putra Arriyan, Luqman Sungkar, dan Ginanjar Ibnu Solikhin.

Paling anyar, Flip menggelar kampanye #FlipSehidupSemati. Melalui kampanye tersebut, Flip menyediakan biaya pernikahan sebesar Rp 100 juta kepada pasangan dengan ide pesta pernikahan yang unik. Kampanye ini ditujukan untuk pasangan yang melangsungkan pernikahan pada 1-28 Februari 2022.

Konsep pernikahan Annisa-Johan pun dipilih Flip sebagai pemenang. Pasangan Annisa dan Johan mengalahkan lebih dari 400 calon pengantin dari seluruh Indonesia yang telah menyampaikan video “Cerita Cinta” dan proposal pernikahan #FlipSehidupSemati.

“Pasangan Annisa-Johan terpilih menjadi pemenang, karena rencana pernikahan yang unik sekaligus mengandung komitmen pelestarian lingkungan. Pasangan ini mengusung konsep eco-friendly, ecology and economic friendly yang mencerminkan visi Annisa-Johan sekaligus mengajak para tamu undangan untuk lebih peduli terhadap masalah lingkungan,” papar Adhitya Insan Mahaputra, Brand Marketing Manager Flip.

Lebih jauh ia menegaskan, konsep tersebut dinilai relevan dengan kondisi saat ini, yakni semakin tinggi perhatian terhadap dampak perubahan iklim dan keberlanjutan lingkungan serta pilihan gaya hidup yang berwawasan lingkungan yang bisa diimplementasikan oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk dalam penyelenggaraan resepsi pernikahan.

“Harapannya, cara penyampaian pesan secara kreatif, unik, dan fun untuk mengajak orang lain memberikan dampak baik bagi lingkungan mudah diterima dan ditiru,” lanjutnya.

Pemenang #FlipSehidupSemati, Annisa Fauziah dan Johan Aris Haiva, melangsungkan pesta pernikahan di Bali pada Minggu, 27 Februari 2022, setelah berhasil memenangkan program #FlipSehidupSemati dan memperoleh biaya pernikahan sebesar 100 juta rupiah dari Flip.

“Jauh sebelum ada program #FlipSehidupSemati, aku udah mikirin kalau wedding mau yang sederhana dan sebanyak mungkin menggunakan barang-barang daur ulang atau barang yang bisa dipakai kembali,” kata Annisa di sela-sela resepsi pernikahannya di Bali.

Dalam pernikahan dengan penerapan protokol kesehatan ketat di Geo Open Space, Badung, Bali, Annisa mengenakan gaun berasal dari seprai bekas yang didaur ulang (upcycle) dengan desain sederhana yang dibuat di penjahit konvensional. Hal ini bertujuan untuk mengurangi limbah kain atau limbah tekstil yang melimpah.

Cinderamata pernikahan pun berupa gelas dari botol kaca bekas dan diberi tulisan dengan laser. Tidak ada hiasan bunga berbahan plastik, semuanya merupakan tanaman asli dari alam. Beberapa di antaranya bunga mawar yang didatangkan langsung dari petani lokal. Menu makanan berupa sajian tradisional Bali dengan bahan lokal dan alat makan dari bahan alami, yakni anyaman bambu.

“Di Bali, hotel-hotel selalu mengganti bed sheet atau seprai. Kalau hotel bintang lima atau resor mewah, punya standar setelah 500 kali cuci harus diganti. Ini menghasilkan limbah sekaligus peluang kewirausahaan sosial. Ini yang salah satunya saya garap sebagai usaha sekaligus melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai kepedulian lingkungan,” ungkap Annisa.

“Tidak hanya menerapkan pesta pernikahan berwawasan lingkungan saat resepsi acara berlangsung, kami juga akan mengumpulkan sampah organik sisa acara pernikahan untuk dijadikan pupuk kompos. Kami sangat bersyukur, sejak awal orang tua kami mendukung konsep pernikahan yang sederhana tapi memberikan dampak bagi lingkungan. Awalnya, tahu program #FlipSehidupSemati ketika ngobrol-ngobrol dengan wedding organizer. Mereka yang menyarankan kami untuk ikut dan kami bahagia banget bisa dipilih Flip untuk mengeksekusi konsep pernikahan seperti ini,” ungkap Johan.

Usai menyelenggarakan resepsi pernikahan pemenang #FlipSehidupSemati, Flip memberikan kejutan terbaru bagi pemenang #FlipSehidupSemati. Hari ini (2/3), Flip memasang papan iklan (billboard) di Depok yang mengumumkan bahwa pemenang #FlipSehidupSemati resmi dinikahkan oleh Flip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)