Brand Communication

Sustainability dan Inovasi, Kunci Eksistensi 150 Tahun FrieslandCampina

MIX.co.id – Berawal dari sebuah koperasi Zuivelcoöperatie FrieslandCampina U.A. di Belanda yang beranggotakan belasan ribu peternak sapi, kini FrieslandCampina menjelma menjadi salah satu produsen berbasis susu terbesar di dunia. Sejatinya, dari koperasi para peternak sapi menjadi perusahaan besar merupakan keunikan yang dimiliki FrieslandCampina.

Tahun ini, di usianya yang satu setengah abad atau 150 tahun, FrieslandCampina telah merangsek ke pasar global melalui ekspor berbagai produknya ke lebih dari seratus negara di dunia. Bahkan, FrieslandCampina telah melebarkan “sayap bisnis”-nya melalui afiliasi dengan berbagai perusahaan yang terbesar di 38 negara.

Di Indonesia, FrieslandCampina hadir melalui afiliasinya, PT Frisian Flag Indonesia. Selama hampir seratus tahun, Frisian Flag telah menyediakan produk bernutrisi bagi konsumen di berbagai tahapan usia sekaligus berpartisipasi aktif dalam membangun keluarga yang kuat dan sehat.

Bukan perkara mudah mempertahankan merek legendaris hingga satu setengah abad. Diungkapkan Corporate Affairs Director PT Frisian Flag Indonesia Andrew F. Saputro, apa yang telah dicapai FrieslandCampina selama 150 tahun adalah wujud keberhasilan kemitraan yang menjadi semangat perusahaan. “Sebab, sejarah FrieslandCampina menunjukkan bahwa cikal bakal perusahaan dimulai dari keinginan peternak yang ingin meningkatkan perannya untuk memperkuat posisi pasar dan memastikan penjualan susu ternaknya,” ucapnya.

Sustainability yang Berdampak pada 3P

Patrick Dixon, seorang penulis dan konsultan bisnis dari United Kingdom (Inggris), yang juga Founder of The International AIDS Agency ACET mengatakan, “The key to understanding the future is one word: SUSTAINABILITY.” Artinya, kunci untuk memahami masa depan, hanyalah satu kata: KEBERLANJUTAN.

Sustainibility ini pula yang menjadi kunci keberhasilan FrieslandCampina mampu menjadi merek legendaris yang bertahan hingga 150 tahun serta berhasil melakukan ekspansi ke berbagai negara di dunia. Menurut Andrew, konsep keberlanjutan FrieslandCampina harus berdampak pada 3P, yakni People (masyarakat dan para peternak sapinya), Planet (bumi atau lingkungan), dan Profit (bisnis).

Konsep sustainability yang diusung FrieslandCampina adalah “From Grass to Glass”. Dipaparkan Andrew, dalam mengelola seluruh rantai produksinya, mulai dari rumput yang dimakan sapi, hingga menjadi produk yang siap dikonsumsi masyarakat, Friesland melakukan kontrol yang sangat ketat. Objektifnya, untuk mendapatkan produk yang berkualitas.

“Artinya, setiap tahapan ’from grass to glass’, yakni sejak susu diperah berasal dari happy cow atau sapi-sapi terbaik, yang berdampak pada jumlah dan kualitas susu; diproduksi di pabrik dengan standar keamanan terbaik; serta didistribusikan sekaligus dikelola dengan seksama secara mandiri. Dengan demikian, kami dapat memastikan bahwa konsumen dapat memperoleh produk-produk FrieslandCampina yang berkualitas terbaik,” papar Andrew.

Page: 1 2 3 4

Dwi Wulandari

Recent Posts

Upaya Kolaboratif Musim Mas, L3F, SNV Indonesia, dan ICRAF Terapkan Model Perkebunan Regeneratif

MIX.co.id - Program Biodiverse & Inclusive Palm Oil Supply Chain (BIPOSC) dengan mengaplikasikan model perkebunan…

3 mins ago

Didukung Jaringan Global, TMI Tangani Klaim Secara Efektif

MIX.co.id – PT Asuransi Tokio Marine Indonesia (TMI), salah satu pemimpin pasar dalam asuransi pengangkutan…

2 hours ago

Propan Sandimas Experience Center Pamerkan Deretan Produk Inovatif hingga Layanan Konsultasi

MIX.co.id - Produsen cat lokal Propan Raya dan pemasok bahan bangunan Sandimas berkolaborasi menghadirkan Propan…

6 hours ago

Transvision Jalin Kerja Sama dengan Advance Digitals

MIX.co.id – Operator TV berbayar Transvision menjalin kerja sama strategis dengan Advance Digitals untuk memenuhi…

10 hours ago

Konsumen Indonesia Lebih Berhati-hati Berbelanja

MIX.co.id – Tingkat kepercayaan diri konsumen Indonesia ternyata tidak seoptimistis sebelumnya, yaitu setelah post-pandemic atau…

11 hours ago

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital, PINTU Perluas Edukasi Pasar

MIX.co.id - Data yang dirilis Statista menyebutkan, perusahaan fintech (financial technology) tumbuh signifikan dari 51…

18 hours ago