Tiga Dekade Perjalanan Garda Oto Memenangkan Kepercayaan Pelanggan

MIX.co.id - Laporan "Indonesia Life & Non-Life Insurance Market 2024-2029" menyebutkan, nilai pasar asuransi jiwa dan non-jiwa di Indonesia, dalam hal nilai premi langsung, diperkirakan akan tumbuh dari US$37,22 miliar pada 2024 menjadi US$46,72 miliar pada 2029 mendatang, dengan pertumbuhan setiap tahunnya sebesar 4,65% selama periode (2024-2029).

Kendati demikian, merujuk catatan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), tingkat penetrasi asuransi di Indonesia masih terhitung rendah, yakni baru mencapai 2,64% pada 2023. Bahkan, pertumbuhan premi asuransi masih di angka 3,6% pada tahun 2023.

Tak heran, jika pasar asuransi umum di Indonesia dinilai masih sangat kompetitif dengan melibatkan banyak perusahaan asuransi, baik domestik maupun asing. Salah satunya, Asuransi Astra yang telah berdiri sejak 12 September 1956.

Sejak diakuisisi oleh Astra International pada 1981 dan sembilan tahun kemudian (1990) rebranding, dari PT Maskapai Asuransi Buana menjadi PT Asuransi Astra Buana, perusahaan secara masif dan berkelanjutan menghadirkan berbagai inovasi demi menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.

Tahun 1995, menjadi salah satu tonggak bersejarah bagi Asuransi Astra. Pada saat itu, Asuransi Astra meluncurkan Garda Oto, produk asuransi mobil yang tak hanya memberikan perlindungan bagi kendaraan bermotor, namun juga menjadi partner berkendara aman dan nyaman hingga menjadi pemberi peace of mind dalam berkendara tepercaya bagi masyarakat Indonesia.

Dijelaskan Maximiliaan Agatisianus, President Director Asuransi Astra, pada jelang Perayaan Tiga Dekade Garda Oto, di Jakarta, "Sejak 1995, setiap masukan dan kebutuhan pelanggan secara aktif didengar, dipahami, dan dijadikan inspirasi dalam melahirkan berbagai inovasi yang mengikuti perkembangan zaman. Mulai dari layanan darurat Garda Siaga dan Garda Akses yang dikelola secara mandiri hingga perkembangan signifikan di era digital melalui aplikasi myGarda dan website gardaoto.com."

Usai diluncurkan Garda Oto pada tiga dekade (30 tahun) lalu, dengan tagline "don't worry, be happy", perjalanan merek (brand journey) Asuransi Astra menorehkan berbagai tonggak inovasi yang mampu berkontribusi pada perkembangan ekosistem industri asuransi di Indonesia.

Pada tahun 2000 misalnya, Asuransi Astra melalui Garda Oto menambah layanan Garda Akses dan Garda Siaga. Garda Akses adalah fasilitas contact center dari Asuransi Astra yang menyediakan akses cepat dan mudah bagi pelanggan untuk mendapatkan informasi, bantuan, dan layanan terkait produk dan layanan Asuransi Astra. Layanan ini tersedia 24/7 melalui telepon dan WhatsApp. Sementara itu, Garda Siaga adalah layanan bantuan darurat di jalan raya bagi pelanggan Garda Oto dengan waktu operasional 24 jam, yang dilengkapi dengan berbagai armada, termasuk sepeda motor, mobil derek, dan mobil gendong.

Dijelaskan Marketing Retail & Digital Business Asuransi Astra Wisnu Kusumawardhana, "Secara regulasi, kedua layanan ini sebenarnya bukan merupakan suatu layanan yang harus dimiliki merek asuransi mobil. Namun, atas komitmen kami untuk memberikan perlindungan menyeluruh, kami hadirkan kedua layanan ini. Hingga kini Garda Siaga sudah berkembang menjadi berbagai unit seperti motor, derek atau towing, dan gendong atau carrier."

Sementara itu, Garda Akses kini juga telah berkembang menjadi berbagai saluran contact center. Tak hanya melalui telepon, namun Garda Akses juga bisa dihubungi melalui WhatsApp atau aplikasi myGarda, mengikuti perilaku pelanggan.Di tahun 2014, kami melakukan rebranding terhadap logo Garda Oto dan seluruh brand Asuransi Astra. Warga kuning merah yang tegas berubah menjadi biru yang menenangkan, sejalan dengan visi kami hingga saat ini yaitu memberikan peace of mind.

Selanjutnya, pada 2014, Asuransi Astra melakukan rebranding terhadap logo Garda Oto dan seluruh brand Asuransi Astra. "Warga kuning merah yang tegas berubah menjadi biru yang menenangkan, sejalan dengan visi kami hingga saat ini, yaitu memberikan peace of mind," ungkapnya.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)