Upaya Employee Branding McDonald's Indonesia

Ada banyak cara yang dapat dilakukan perusahaan dalam melakukan branding. Salah satunya, melalui employee branding. Langkah itu pula yang kini tengah dilakukan salah satu perusahaan fast food terbesar di Tanah Air, McDonald's. Pada April ini, McDonald's Indonesia menggelar program employee branding bertajuk “McDonlad's Hiring Day 2018”.

Dijelaskan Yulianti Hadena, Direktur Sumber Daya Manusia McDonald’s Indonesia, setiap tahunnya, McDonald's selalu membuka 10-15 restoran baru. Tentu saja, dengan pembukaan restoran baru, McDonald's membutuhkan banyak karyawan di usia millennials, 18-27 tahun.

“Biasanya, dalam perekrutan, kami melakukannya dengan berpartisipasi pada career Days. “Nah, saat ini, untuk pertama kalinya, kami melakuka pencarian karyawan baru secara besar-besaran dan serentak di 44 restoran McDonald's di Indoensia melalui program McDonald's Hiring Day. Kami berharap dapat menjaring lebih dari 3.000 tenaga kerja baru lewat program tersebut,” papar Yulianti yang menyebutkan saat ini, McDonlad's telah memiliki 181 restoran yang tersebar di 34 kota di Indonesia.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa syarat untuk mengikuti program tersebut adalah laki-laki atau perempuan berusia 18-27 tahun, minimal lulusan SMA/SMK, dan memiliki minat terhadap bisnis restoran dan hospitality. “Calon pelamar diharuskan datang langsung pada 9 April 2018 ke salah satu restoran yang telah ditentukan dengan membawa daftar riwayat hidup (CV) terbaru. Para pelamar yang memenuhi syarat selanjutnya akan melalui proses seleksi berupa wawancara dan On the Job Evaluation (OJE) atau latihan bekerja di restoran McDonald’s selama satu hari,” lanjutnya.

Melalui McDonald's Hiring Day, menurut Yulianti, para calon karyawan dapat bertanya-tanya secara langsung terkati McDonlad's. Bahkan, mereka juga dapat merasakan langsung suasana bekerja di McDonald's. “Lewat program ini, kami juga ingin memperkenalkan sejumlah value yang dimiliki McDonald's kepada calon karyawan,” ia menguraikan.

Sebelum program McDonald's Hiring Day digelar, pada hari ini (5/4), McDonald's lebih dulu mengkomunikasikannya kepada media lewat kegiatan press conference. Selain diedukasi tentang program McDonald's Hiring Day, media diajak untuk berkenalan langsung dengan dua karyawan setia McDonald's yang memulai karirnya dari bawah, yakni Riki Purnama yang saat ini menjabat sebagai Operation Manager McDonald’s Indonesia serta Irnawati, Operation Consultant McDonald’s Indonesia.

Diceritakan Riki, mengawali karir di tahun 2000 setelah lulus SMA, ia langsung bekerja di McDonald’s Indonesia. “Saya banyak mendapat pengetahuan baru serta keluarga baru di McDonlad's. Dengan menunjukan performa serta dedikasi yang tinggi, saya dapat meraih posisi Operation Manager dan membawahi 26 restoran di area Jawa Barat. Bahkan, saya pernah dikirim magang di McDonad's Singapura serta Olimpiade di Beijing. Pada Olimpiade itu, saya mewakili Indonesia untuk melayani atlet di sana serta ikut kompetisi McDonlad's sedunia. Dan, saya pun berhasil memenangkan kompetisi itu,” ungkapnya.

Sementara itu, bagi Irnawati, bekerja di McDonald’s yang beroperasi 24 jam setiap harinya tidak membuatnya melalaikan tugas utama sebagai seorang perempuan. “Saya sangat bersyukur karena selama ini McDonald’s tidak pernah menghalangi peran saya sebagai seorang ibu dan juga istri. Hal inilah yang membuat saya bertahan bekerja selama 22 tahun. Bahkan, anak pertama saya pun telah mengikuti jejak karir saya sebagai salah satu manager di restoran McDonald’s,” pungkasnya.

Sebagai perusahaan terkemuka dalam segmen bisnis restoran di Indonesia, diakui Yulianti, McDonald’s sangat mengedepankan potensi pengembangan diri karyawan. “Karyawan merupakan aset terpenting yang sangat diperhatikan oleh McDonald’s di antaranya dengan selalu memperhatikan peraturan pemerintah mengenai upah minimum. Keuntungan lainnya yang didapatkan oleh karyawan adalah pelatihan pendukung dengan sistem komprehensif, dimana setiap individu diberikan modul pelatihan yang sama dan secara bergantian dalam kurun waktu tertentu,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Yulianti, juga karyawan diberikan kesempatan untuk bekerja di seluruh bagian di dapur, sehingga pada akhirnya setiap individu diharapkan akan memiliki multi-skills untuk mendukung pekerjaan mereka. Artinya, McDonald’s selalu berkomitmen untuk memberikan jenjang karir yang jelas dan transparan sehingga para karyawan selalu terdorong dan tertantang untuk mencapai posisi yang lebih tinggi.

“Kami berharap program McDonald’s Hiring Day ini dapat turut mendukung program pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Salah satunya adalah dengan memudahkan masyarakat Indonesia, terutama anak-anak muda, untuk mengembangkan diri dengan bekerja secara professional di perusahaan multinasional,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)