Sebagai ikon elektronik rumah tangga Indonesia sejak 1980, Modena membuktikan komitmennya dalam kualitas dan inovasi, tercermin dari prestasi digitalnya dalam data Ripple10.
.
.
Dikenal sebagai brand peralatan elektronik rumah tangga, Modena memulai kegiatan pemasarannya di Indonesia sejak tahun 1980-an. Kemudian pada tahun 2017, operasional perusahaan diperluas melalui PT. MODENA Forma Indonesia dengan menambahkan aktivitas perakitan dan pengendalian mutu produk ke dalam kegiatannya.
Selain menyediakan semua kategori barang untuk melengkapi kebutuhan rumah tangga, Modena juga memiliki desain yang pintar dan menarik pada setiap produk yang ditawarkannya. Desain produk ini dibuat minimalis namun tetap mempertahankan nilai kecanggihannya sehingga tetap relevan bagi konsumen. Salah satu kategori yang paling populer adalah kompor tanam yang menjadi market leader.
Sebagai pemain lawas, brand Modena sangat familiar di benak konsumen Tanah Air. Para netizen mengapresiasinya mellaui konten-konten menarik di platform sosial media. Salah satunya Satelit 99 Mesintronik yang mengunggah konten berjudul “Review Kompor Portabel Modena Edisi Disney Series” di kanal YouTube, meraih 476 Views. Di ajang Indonesia Local Brand 2024 Netizen Choice, Modena meraih total indeks 94,56 untuk kategori kompor listrik (electric stove).
Pengukuran dan pemeringkatan brand engagement ini dilakukan terhadap merek-merek yang meraih penghargaan Indonesia Original Brand dari Majalah SWA pada 2023. Data crawling untuk monitoring kinerja brand engagement dilakukan selama setahun, yaitu Januari-Desember 2023.
Pengukuran brand engagement dilakukan dengan menggunakan Ripple10 Digital Listening Tools, Social Media Monitoring (terhadap official account Instagram, Facebook, Twitter, dan YouTube), dan pemantauan akun Website masing-masing brand.
Modena, sebagai merek lokal yang telah mendapatkan tempat di hati konsumen Indonesia, tampaknya menunjukkan performa digital yang mengesankan berdasarkan data terkini dari Ripple10. Produk terbaru dari Modena, yaitu Purifier Hood Series, telah menjadi topik pembicaraan yang signifikan di jagat digital, dengan menerima sebanyak 10 sebutan.
Lebih detail lagi, analisis sentimen menunjukkan bahwa 40% dari sebutan tersebut bersifat positif. Ini mencerminkan persepsi yang sangat baik dari pengguna dan pengamat industri terhadap seri Purifier Hood dari Modena.
Dengan reach yang mengagumkan sebesar 726.408, Modena tidak hanya menjangkau audiens yang luas, tetapi juga berhasil memicu interaksi yang signifikan, yang ditandai dengan 102 engagement. Jumlah ini menunjukkan bahwa konten terkait produk ini tidak hanya terlihat, tapi juga mampu menarik partisipasi aktif dari komunitas online.
Penyebutan dari 9 author yang berbeda mengindikasikan bahwa produk Modena ini telah berhasil menarik perhatian dari berbagai kalangan, dari pengguna individu, reviewer, hingga influencer di dunia maya. Fakta ini menegaskan bahwa Modena sebagai merek lokal memiliki daya tarik dan kredibilitas di mata publik.
Dalam konteks data crawling dan analisis media sosial,...