Merekrut talenta yang bagus itu sangat sulit padahal jumlah mereka terbatas. Sementara gaji di berbagai industri pun terus naik. Di pasar yang sangat sesak ini, bagaimana Anda membuat talenta yang bagus tersebut datang kepada Anda?
Sebetulnya, yang perlu Anda lakukan adalah memiliki employer brand yang baik. Bagaimana agar perusahaan Anda memiliki reputasi sebagai employer brand yang baik? Di bawah ini adalah beberapa poin yang dapat dipelajari dari 5 perusahaan yang memiliki employer brand terbaik di industri teknologi versi Simply Hired.
Berikan Informasi Sebanyak Mungkin Kepada Pencari Kerja
Perusahaan yang memiliki employer brand terbaik itu memberikan informasi yang jelas dan mudah ditemukan, misalnya saja di halaman website mereka. Menurut survey yang diadakan oleh Talent Board, 77.3% pencari kerja paling mengutamakan deskripsi pekerjaan. Gaji dan benefit lain adalah yang selanjutnya dipertimbangkan mereka.
Memberikan position title memang penting, tetapi yang lebih penting lagi adalah memberikan deskripsi pekerjaan yang menyeluruh. Berikan informasi sebanyak mungkin, termasuk berapa besar gaji dan benefit untuk menarik para pencari kerja.
Contohnya saja Boeing – perusahaan aerospace asal Amerika yang menempati urutan pertama sebagai the best employer brand. Di halaman websitenya, Boeing memaparkan deksripsi pekerjaan yang ditawarkan dan program leadership development secara jelas, serta memberikan gambaran benefits yang ditawarkan.
Google – yang menempati posisi ke empat – memberikan informasi lowongan pekerjaan dengan deskripsi yang detail, misalnya saja team apa yang sedang membutuhkan orang dan peranan apa yang dibutuhkan.
Tunjukkan Impact Anda
Perusahaan yang memiliki reputasi sebagai the best employer branding tidak hanya memaparkan deskripsi pekerjaan yang harus dilakukan tetapi juga menunjukkan impact pekerjaan mereka. Menurut survey tentang job seekers yang dirilis Millenial Branding pada 2014 silam, karakteristik perusahaan yang dilirik calon pekerja adalah mampu menawarkan pekerjaan yang meaningful.
Tunjukkan value pekerjaan yang akan mereka lakukan dan personality dibalik brand Anda. Buatlah cerita singkat tentang produk, projects, dan klien.
Boeing, misalnya, memanfaatkan YouTube untuk menunjukkan produk dan inovasi mereka. Video tersebut memberikan dampak positif terhadap reputasi perusahaan sehingga para pekerja dan calon pekerja mereka mengetahui apa saja yang dilakukan Boeing.
Sedangkan Xerox – yang menempati posisi kelima sebagai the best empoyer brand – menunjukkan informasi tentang keterlibatan komunitas Xerox dan upaya pelayanan terhadap pelanggan sehingga kandidat pekerja tahu value perusahaan.
Buat Reputasi Perusahaan Lewat Pekerja Anda...