Bagaimana Perusahaan Anda Menarik Minat Top Talent?

Merekrut talenta yang bagus itu sangat sulit padahal jumlah mereka terbatas. Sementara gaji di berbagai industri pun terus naik. Di pasar yang sangat sesak ini, bagaimana Anda membuat talenta yang bagus tersebut datang kepada Anda?

employer-brandingSebetulnya, yang perlu Anda lakukan adalah memiliki employer brand yang baik. Bagaimana agar perusahaan Anda memiliki reputasi sebagai employer brand yang baik? Di bawah ini adalah beberapa poin yang dapat dipelajari dari 5 perusahaan yang memiliki employer brand terbaik di industri teknologi versi Simply Hired.

Berikan Informasi Sebanyak Mungkin Kepada Pencari Kerja

Perusahaan yang memiliki employer brand terbaik itu memberikan informasi yang jelas dan mudah ditemukan, misalnya saja di halaman website mereka. Menurut survey yang diadakan oleh Talent Board, 77.3% pencari kerja paling mengutamakan deskripsi pekerjaan. Gaji dan benefit lain adalah yang selanjutnya dipertimbangkan mereka.

Memberikan position title memang penting, tetapi yang lebih penting lagi adalah memberikan deskripsi pekerjaan yang menyeluruh. Berikan informasi sebanyak mungkin, termasuk berapa besar gaji dan benefit untuk menarik para pencari kerja.

Contohnya saja Boeing – perusahaan aerospace asal Amerika yang menempati urutan pertama sebagai the best employer brand. Di halaman websitenya, Boeing memaparkan deksripsi pekerjaan yang ditawarkan dan program leadership development secara jelas, serta memberikan gambaran benefits yang ditawarkan.

Google – yang menempati posisi ke empat – memberikan informasi lowongan pekerjaan dengan deskripsi yang detail, misalnya saja team apa yang sedang membutuhkan orang dan peranan apa yang dibutuhkan.

Tunjukkan Impact Anda

Perusahaan yang memiliki reputasi sebagai the best employer branding tidak hanya memaparkan deskripsi pekerjaan yang harus dilakukan tetapi juga menunjukkan impact pekerjaan mereka. Menurut survey tentang job seekers yang dirilis Millenial Branding pada 2014 silam, karakteristik perusahaan yang dilirik calon pekerja adalah mampu menawarkan pekerjaan yang meaningful.

Tunjukkan value pekerjaan yang akan mereka lakukan dan personality dibalik brand Anda. Buatlah cerita singkat tentang produk, projects, dan klien.

Boeing, misalnya, memanfaatkan YouTube untuk menunjukkan produk dan inovasi mereka. Video tersebut memberikan dampak positif terhadap reputasi perusahaan sehingga para pekerja dan calon pekerja mereka mengetahui apa saja yang dilakukan Boeing.

Sedangkan Xerox – yang menempati posisi kelima sebagai the best empoyer brand – menunjukkan informasi tentang keterlibatan komunitas Xerox dan upaya pelayanan terhadap pelanggan sehingga kandidat pekerja tahu value perusahaan.

Buat Reputasi Perusahaan Lewat Pekerja Anda

Saat Anda melamar pekerjaan, Anda pasti ingin tahu seperti apa rasanya bekerja di perusahaan yang Anda lamar dari perspektif pekerja perusahaan itu sendiri. Buat mantan pekerja dan pekerja Anda saat ini bercerita tentang pengalaman bekerja di perusahaan Anda, untuk menarik minat para pencari pekerja. Menggunakan cerita personal yang positif adalah strategi marketing yang cukup ampuh. Strategi ini merupakan hal yang tepat untuk membangun koneksi antara perusahaan Anda dan calon pekerja.

Lockheed Martin – yang menempati urutan kedua di employer brand index – membuat feature video di tentang pengalaman bekerja di perusahaan yang di upload di website mereka. Di video lain, pekerja bercerita tentang background, jenjang karir, dan apa yang mereka suka tentang pekerjaan dan perusahaan.

Lain halnya dengan Apple – yang menempati urutan ketiga dalam employer brand index – membuat feature foto dan quotes dari pekerja mereka dan diletakkan di website. Dengan kata lain, Apple berhasil membuat pekerja mereka menjadi brand advocate.

Intinya adalah, para pencari kerja tidak mau bekerja di perusahaan yang besar tetapi angkuh. Mereka mencari perusahaan yang ramah dan membuat mereka menikmati bekerja. Gunakan employer brand untuk menghumanisasikan perusaan Anda dan menunjukkan kultur dan lingkungan sehingga menarik minat pencari kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)