Categories: Marketing Strategy

Cerita Sukses Dibalik Rebranding OLX.co.id

Pasca rebranding pada Mei 2014 lalu, OLX.co.id berhasil mempertahankan posisinya sebagai e-commerce jual beli online. Terbukti dengan meningkatnya brand awareness OLX.co.id dibandingkan saat masih menggunakan brand Tokobagus.com. Berdasarkan riset brand awareness yang dilakukan oleh lembaga riset metrixLAB, OLX.co.id menunjukkan posisi teratas atau top-of-mind sebagai situs online classified.

Dalam waktu tiga bulan setelah rebranding, brand awareness OLX Indonesia tumbuh dari 56% menjadi 61%.

Diungkapkan Alif Priyono, Chief Operating Officer OLX.co.id, berdasarkan riset yang dilakukan metrixLAB, brand awareness OLX.co.id berhasil menduduki posisi teratas yang sebelumnya diduduki oleh Tokobagus.com hanya dalam waktu 3 bulan setelah rebranding. “Ketika masih berdiri sebagai Tokobagus.com, brand awareness kami mencapai 56%, dan dalam kurun waktu 3 bulan setelah rebranding, data yang kami miliki menunjukkan bahwa top of mind awareness kami tumbuh menjadi 61%,” tambah Alif.

Brand OLX.co.id sendiri, imbuhnya, secara resmi diluncurkan ke publik pada 20 Mei 2014. Untuk memudahkan konsumen dan sekaligus menumbuhkan awareness dengan perubahan nama Tokobagus.com menjadi OLX.co.id, OLX memanfaatkan layanan Google Search. “Ketika pengguna mengetik “tokobagus”, maka pengguna akan menemukan OLX.co.id. Selain itu, ketika pengguna mengetik “www.tokobagus.com” di browser, maka akan diarahkan ke situs OLX.co.id secara otomatis,” jelasnya.

Menurut Alif, kunci sukses rebranding OLX.co.id, selain karena komunikasi yang sederhana dan jelas, juga didukung dengan layanan terbaik, sama seperti sebelum rebranding dilakukan. Setelah sukses rebranding, OLX.co.id berkomitmen untuk tetap menyediakan platform yang nyaman bagi pengguna, baik untuk posting iklan ataupun yang mencari barang second hand.

“Kami yakin bahwa OLX.co.id akan tetap menjadi platform pilihan bagi pengguna internet di Indonesia untuk menjual ataupun mencari barang bekas berkualitas tak terpakai. Keberhasilan rebranding OLX di Indonesia juga diikuti di beberapa negara lain seperti Thailand, Filipina dan beberapa negara lain di Eropa, India dan Amerika Latin,” tutup Alif.

Marina Silalahi

Recent Posts

Ramaikan Pasar Kuliner di Indonesia, Ayam Cap Nikmat dan Jus Aja! akan Buka Peluang Kemitraan

MIX.co.id - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) resmi meluncurkan brand kuliner terbarunya, Ayam Cap…

16 hours ago

Sharp Umumkan Pemenang Program “Sharp Lovers Day-Fiestapora”

MIX.co.id - Program "Sharp Lovers Day-Fiestapora" baru saja berakhir pada penghujung Maret 2024 lalu. Sukses…

1 day ago

MGID Raih Penghargaan “Asia-Pacific Stevie Awards 2024”

MIX.co.id - Platform periklanan global MGID berhasil menyabet penghargaan Bronze Stevie® Awards di ajang "Asia-Pacific…

1 day ago

MPMInsurance Edukasi Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

MIX.co.id – Perusahaan asuransi umum MPMInsurance, anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengedukasi pentingnya…

2 days ago

Kinerja Solid, Prudential Tumbuh 15 Persen Sepanjang 2023

MIX.co.id – Kinerja apik berhasil ditorehkan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential…

2 days ago

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Hadirkan Kategori Baru

MIX.co.id - Program "PropertyGuru Indonesia Property Awards" akan kembali digelar pada 23 Agustus 2024 mendatang…

2 days ago