Sejarah berulang. Seperti peran Avanza dan Xenia yang muncul sebagai pencipta pasar hampir satu dekade silam, Daihatsu berharap SIGRA backbone baru bagi kinerja mereka. Untuk mendukung ambisi tersebut, papar Widi Cahyono, Deputy Marketing Division Head Daihatsu Financial Service PT Toyota Astra Finance, mereka sudah mempersiapkan berbagai skema kredit yang meringankan konsumen. Daihatsu Financial Service adalah divisi PT Toyota Astra Finance yang khusus membiayai kendaraan merek Daihatsu.
Pertama, down payment (DP) murah sebesar Rp 20 juta. Kedua, angsuran murah yang mereka sebut paket arisan Rp2 juta-an. Untuk format ini, konsumen tetap harus membayar uang muka sebesar 20% plus baloon payment (bayar di akhir cicilan) sebesar 30-35%. Ketiga, format bunga murah mulai dari 5% pada tahun pertama, dan 5-6% pada tenor tahun kedua.
SIGRA yang kabar peluncurannya sudah beredar sejak beberapa bulan lalu, mulai dipasarkan bersamaan dengan pembukaan event GIIAS (Gaikindo International Indonesia Auto Show) 2016. Tak jauh dari perkiraan para pengamat otomotif, produk kategori Low Cost Green Car (LGCC) ini dibanderol mulai pada harga Rp106 juta (1000 cc) hingga Rp 147 juta untuk varian tertinggi (1200 cc). Menurut pengalaman Widi, konsumen biasanya paling berminat dengan skema kredit yang menawarkan uang muka murah. Apalagi bagi yang membelinya melalui event GIASS.
"Kami siapkan pembiayaan sekitar Rp100 miliar per bulan untuk Sigra, atau Rp400 miliar dalam sisa 4 bulan sampai akhir tahun " ujar Widi di sela-sela pameran dan test drive Sigra di Bekasi akhir pekan lalu.
Sigra diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti lincah atau gesit. Merek ini berdesain kendaraan serbaguna mini (MPV) dengan kapasitas 7 penumpang. Tren pertumbuhan kendaraan MPV senantiasa meningkat dari tahun ke tahun. Di tengah lesunya bisnis otomotif sejak awal tahun lalu, segmen MPV tahun ini masih mampu tumbuh hingga 48%, melampaui pencapaian tahun lalu yang besarnya hanya 30%.
Consumer insight yang dilakukan Daihatsu mendapatkan meski baru memiliki anak 2 orang, konsumen di sini cenderung menyukai mobil berkapasitas besar. Jiwa sosial masyarakat Indonesia membuat mereka butuh kendaraan yang ukurannya memungkinkan untuk memberi tumpangan kepada sanak saudara.
“Makanya SIGRA kami desain untuk 7 penumpang. Varian ini kami targetkan untuk segmen keluarga muda yang baru pertama memiliki mobil atau mereka yang ingin beralih dari mobil lama ke mobil baru yang lebih irit,” papar Widi.
Daihatsu Financial Service PT Toyota Astra Finance menargetkan pembiayaan Sigra rata-rata 1.000 per bulan, menyusul peluncuran model baru tersebut. Bersamaan dengan gelar GIAS di ICE-BSD City, 11-21 Agustus, Daihatsu Financial Service mendukung peluncuran serentak dan promosi Sigra di 11 kota.