#4 Bagaimana Anda bisa memanusiakan brand Anda?
Hal lain yang perlu diperhatikan oleh pemasar adalah melakukan personalisasi terhadap brand. Personalisasi berarti melakukan segmentasi terhadap konten Anda untuk bisa mencapai berbagai jenis audiens berdasarkan preferensi, minat, atau kebiasaan. Sebuah contoh yang baik dari personalisasi ini adalah apa yang dilakukan oleh India Premier League (IPL) 2016 dengan Kingfisher (@kingfisherworld), yang menghasilkan angka yang signifikan untuk jumlah organik tanda hati (love) yang ditunjukkan kepada tim dan sponsor yang terlibat dengan peningkatan jumlah positif sentimen harian sebanyak 250% sejak kampanye tersebut aktif.
#5 Apakah Anda menjangkau pelanggan Anda di semua poin yang disyaratkan?
Meningkatkan personalisasi berjalan seiringan dengan pemasaran antar-perangkat. Upaya memasarkan di tahun 2017 perlu mengidentifikasi kecenderungan perangkat yang disuka melintasi desktop, laptop, perangkat mobile, dan TV. Bagaimanapun juga, berbagai perangkat yang pelanggan gunakan sehari-hari untuk melakukan pembayaran menyulitkan pengukuran dampak promosi iklan di perangkat mobile. Bisnis dapat mengedepankan laporan peningkatan konversi ini untuk mengerti ROI dari kegiatan di perangkat mobile lebih baik lagi. Dalam format Beta, kita mengetahui pelanggan yang tereskpos dengan iklan yang mempengaruhi konversi website melalui perangkat mobile dan desktop menjadi 52% lebih mungkin untuk melakukan aktivitas pembayaran dibandingkan mereka yang hanya terekspos dengan desktop.
Penelitian terbaru dari perusahaan analisis sosial TV, Canvs, menemukan bahwa penonton TV yang menggunakan Twitter memiliki potensi yang lebih tinggi untuk terpanggil dengan iklan. Canvs mengidentifikasi peristiwa mengenai persentase Tweet yang tinggi terhadap program TV yang mengandung reaksi emosional. Dalam program tersebut, penonton menjadi 48% lebih sadar untuk mengonsumsi iklan dibandingkan dengan mereka yang menonton program dengan tingkat reaksi yang lebih rendah.
#6 Is social the next marketplace?
Kita sudah bergerak ke arah di mana pembelian tidak perlu terjadi di situs pihak ketiga. Pengguna sudah terkoneksi dengan berbagai platform media sosial, jadi mengapa mereka harus harus meninggalkannya untuk melakukan pembelian? Di tahun 2017, kami berharap platform sosial tidak hanya terbatas untuk percakapan antara brand dengan konsumennya atau menarik perhatian konsumen baru. Sebaliknya, mereka akan memberi kesempatan untuk meningkatkan tingkat konversi. Platform sosial akan bekerja sebagai saluran konversi baru dan menawarkan alat untuk mengkonversi prospek langsung ke pembeli. Tantangan bagi merek-merek mapan merespon model-model baru dengan transformasi digital.
#7 Call me @ maybe?
Siapa saja yang menghabiskan masa tunggu 30 menit ketika ingin berbicara dengan layanan pelanggan berpikir “seandainya ada cara yang lebih praktis.” Kami telah menyaksikan peningkatan angka dari orang yang mengubah sentimen di Twitter untuk memperoleh pengalaman yang lebih cepat dan langsung.
Menurut McKinsey & Company (@McKinsey), volume Tweet yang ditargetkan oleh brand di akun Twitter pelanggan mereka telah tumbuh 2,5 kali dibandingkan dua tahun yang lalu. Direct Messages di Twitter telah mempermudah brand seperti Apple untuk dapat berdialog dengan pelanggan dan menyelesaikan permasalahan tanpa meninggalkan identitas brand mereka. Di tahun 2017, kami berharap lebih banyak bisnis yang memperoleh manfaat dari kombinasi pelayanan pelanggan yang simpel dan otomatis melalui Direct Messages, yang mana akan mempermudah orang untuk mendapatkan solusi layanan pelanggan yang lebih baik lagi.
#8 Apakah brand Anda memimpin inovasi?
Seiring dengan upaya brand yang ingin semakin dekat dengan audiens, pengalaman yang lebih nyata akan bertumbuh di 2017. Konten yang dipersiapkan untuk sebuah perhelatan akan disajikan melalui level yang lebih nyata melalui video 360 derajat berkat produk kamera komersial yang kini tersedia di berbagai platform seperti Periscope yang meluncurkan pemutar video 360 derajat. Video 360 live tidak hanya menawarkan Anda ke tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi saja, tapi juga untuk membuat Anda saling terhubung dengan orang lain dan mengalami sebuah momen baru bersama mereka. Melalui video ini, orang di balik Video akan menawarkan pengalaman sehingga Anda dapat hadir bersama mereka dari lokasi mana pun mereka berada.