Sepanjang 2014, PT Express Transindo Utama, Tbk. (Express Group) melakukan beberapa langkah strategis yang berhasil meningkatkan posisinya di pasar, di antaranya dengan menambah jumlah armada taksi reguler di berbagai daerah operasi seperti Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek), Medan Padang, Semarang, Surabaya dan Lombok.
Selain didukung oleh strategi ekspansi armada taksi regular, taksi premium, hingga bus pariwisata, pertumbuhan bisnis Express Group juga didukung dengan upaya perusahaan merambah ranah digital.
Express Group juga melakukan ekspansi di lini bisnis taksi premium dan bus pariwisata sebagai upaya meningkatkan brand experience konsumen. Di sisi kepuasan pelanggan, sepanjang tahun ini, Express Group sangat konsisten melakukan revitalisasi call center, meluncurkan inovasi aplikasi mobile Express Now untuk platform iOS dan Android, serta memperkenalkan Express Card untuk memudahkan konsumen memesan dan melakukan pembayaran Taksi Express dengan sistem prabayar.
Lewat berbagai langkah strateis tersebut, kuartal ketiga 2014 ini Express Group berhasil meningkatkan pendapatannya hingga 26%, dari Rp 506,29 miliar (per 30 September 2013) menjadi Rp 640,15 miliar (per 30 September 2014). Selain itu, Express Group juga membukukan laba bersih yang mengalami peningkatan sebesar Rp 14,09 miliar atau senilai 15% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu, dimana total net income Express per 30 September 2014 ini mencapai Rp 109,25 miliar.
Merry Anggraini, General Manager Corporate Secretary Express Group mengatakan bahwa pencapaian di kuartal ketiga tahun 2014 ini terutama ditopang oleh upaya ekspansi bisnis Express Group seperti yang telah direncanakan sejak awal tahun.
”Pada kuartal ketiga tahun 2014 ini, kami berhasil membuktikan bahwa Express Group mampu mempertahankan kinerja yang baik. Sebagai perusahaan transportasi darat di Indonesia yang didukung beberapa unit bisnis, kami berada pada posisi yang sangat baik untuk dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan pasar. Kami optimis dapat terus melaksanakan berbagai strategi untuk memberikan nilai tambah bagi konsumen dan pemegang saham kami,” ujarnya.
Selanjutnya, di kuartal keempat tahun 2014, Express Group masih tetap fokus menjalankan strategi ekspansi bisnis yang direncanakan sejak awal tahun dan terus melakukan inovasi demi mencapai kepuasan konsumen. Salah satunya dengan merambah ke ranah digital. Memasuki akhir tahun 2014 ini, Express Group juga mulai menggandeng dua pabrikan mobil mewah kelas global untuk memperkuat lini bisnis taksi premium di Indonesia.
“Dengan strategi tersebut, kami memprediksikan laba operasional hingga akhir tahun ini bisa meningkat hingga 35%, atau melebihi laba operasional hingga akhir tahun lalu, yakni sekitar 30%,” pungkas Merry.