Intip Lima Strategi ExxonMobil Lubricants demi Memperkuat Bisnis Pelumas

MIX.co.id - Kebutuhan akan pelumas di Indonesia tercatat masih tinggi. Menurut catatan Asosiasi Pelumas Indonesia (Aspelindo), dalam setahun kebutuhan pasar nasional akan pelumas mencapai 1,1 juta kiloliter. Dari total kebutuhan pelumas nasional itu, sebanyak 55% diperuntukkan bagi industri, sisanya untuk otomotif.

Tingginya kebutuhan tersebut tentu saja menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Tanpa terkecuali, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) selaku perusahaan yang memasarkan merek pelumas Federal OilTM dan MobilTM Lubricants.

Berbagai langkah strategis siap dijalankan PT EMLI demi memperkuat lini bisnisnya, baik kategori kendaraan penumpang, sepeda motor, dan industri pada sektor transportasi, manufaktur, pertambangan, dan energi. Setidaknya ada tiga strategi yang dilancarkan PT EMLI.

Strategi pertama, PT EMLI terus melakukan penetrasi dengan memperluas jaringan distribusi penjualan yang berfokus pada area-area potensial, meliputi wilayah Sumatera, Jawa, dan Bali. Penetrasi tersebut dilakukan PT EMLI dengan berkolaborasi melalui mitra jaringan yang saat ini berjumlah lebih dari 40 distributor nasional. Kemitraan tersebut untuk menjangkau lebih dari 16 ribu mitra bengkel, termasuk Federal OilTM Center dan MobilTM Car Care, serta bengkel-bengkel independen yang dilayani melalui jaringan distributor di seluruh Indonesia.

Tak hanya jaringan offline, di era digitalisasi seperti saat ini, dimana perilaku konsumen mulai berubah, maka PT EMLI menghadirkan official store di sejumlah marketplace besar, seperti Tokopedia dan Shopee.

Dituturkan Sri Adinegara, Market Development Director PT EMLI, pada saat media gathering yang digelar hari ini (6/4), di Jakarta, “Kami terus berusaha memahami dan berupaya untuk selalu adaptif dalam melihat perkembangan pasar pelumas dan otomotif di Tanah Air. Oleh karena itu, pentingnya untuk selalu melancarkan strategi yang tepat, terukur, dan relevan dari setiap program yang kami hadirkan. Sebagai organisasi yang terintegrasi, kami harus mampu mempersiapkan diri di berbagai situasi, agar dapat mempertahankan kepercayaan konsumen.”

Strategi kedua, PT EMLI terus memperkuat brand awareness dengan menggelar sejumlah program. Antara lain, dengan kembali mensponsori ajang balap dunia MotoGP dan Formula 1. Diungkapkan Adi, Federal OilTM yang telah lebih dari 1 dekade bersama Tim Gresini Racing menorehkan prestasi dan sejarah di musim pertamanya di kelas MotoGP, dengan finis di posisi ketiga klasemen pada musim balap 2022 lalu.

“Catatan positif ini juga diikuti oleh MobilTM Lubricants juga bersama Tim Red Bull Racing F1 yang mencatatkan sejarah baru dengan berhasil mempertahankan gelar juara dunia selama dua musim berturut-turut (2021 dan 2022), dan mendominasi sejumlah balapan sepanjang musim berlangsung. Hal ini sekaligus menandai kerja sama sebagai technical partner berjalan dengan baik dan memberikan hasil positif terhadap keduanya,” paparnya.

Lebih jauh Adi menegaskan, dengan mensponsori ajang balap dunia tersebut, diharapkan tak hanya brand awareness Federal OilTM dan MobilTM Lubricants yang meningkat, namun diharapkan brand consideration juga ikut bertumbuh. “Jika itu terjadi, maka akan berujung pada pembelian kedua merek pelumas kami,” lanjutnya.

Strategi ketiga adalah senantiasa menghadirkan inovasi baru. Federal OilTM yang mengusung tema Rekomendasi Ahli Bikin Nyaman, telah menghadirkan sejumlah inovasi dan produk sepanjang tahun 2022 hingga awal tahun 202. Di antaranya, produk untuk motor matic premium, yaitu Federal Racing Matic. Selain itu, PT EMLI juga telah merilis teknologi anti-counterfeit yang disematkan pada kemasan produk. “Tahun ini, kami juga akan meluncurkan produk baru untuk kendaraan roda empat,” ungkapnya.

Strategi keempat, PT EMLI rutin menggelar berbagai program consumer promo maupun aktivasi merek, baik online maupun offline yang melibatkan konsumen, mekanik, dan bengkel. “Sejumlah program yang sudah kami lakukan adalah consumer promo Sobek Berhadiah (SOBER), Mechanic Contest, nonton langsung MotoGP, dan bertemu pembalap Tim Gresini Racing,” ucapnya.

Sementara itu, untuk produk pelumas roda empat melalui merek MobilTM Lubricants, telah menggelar program Mobil1TM Bus Double Dekker dan pameran di sejumlah pusat keramaian. Objektifnya, untuk memberikan pengalaman bagi target konsumen sekaligus merasakan langsung sensasi berkendara menggunakan produk-produk MobilTM Lubricants.

Selanjutnya, untuk segmen Business-to-Business (B2B), MobilTM Lubricants juga aktif menyelenggarakan berbagai seminar bagi para pelaku industri yang bekerja sama dengan beberapa asosiasi terkait.

Strategi kelima, PT EMLI tengah meningkatkan kapasitas produksi di pabrik yang ada di Cilegon. “Rencana ini sudah kami implementasikan dengan mengakuisisi tanah yang akan digunakan untuk memperluas pabrik di Cilegon. “Jika selama ini kapasitas produksi mencapai 700 ribu barel, maka dengan peningkatkan kapasitas produksi ini, kami berharap kapasitas produksi minimal bisa mencapai dua kali lipat,” patok Adi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)