Mencuri perhatian di tengah agresivitas merek-merek incumbent bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan strategi jitu untuk menarik animo publik. Mulai dari produk yang inovatif, harga yang kompetitif, hingga kampanye komunikasi maupun promosi yang menggiurkan. Vivo sebagai pendatang baru di pasar smartphone tentu membutuhkan strategi jitu guna mencuri hati millennials berusia 19 sampai 25 tahun--yang notabene merupakan target market yang dibidik Vivo.
Dan, salah satu strategi yang dilancarkan Vivo adalah memanfaatkan brand ambassador atau Product Ambassador Strategy. Jika kehadiran perdananya di Indonesia Vivo sukses menggandeng Agnes Monica sebagai brand ambassador-nya, maka tahun ini Vivo menggandeng tujuh public figure sekaligus sebagai product ambassador dan selfie idol.
Dijelaskan Sr. PR & Talent Manager PT Vivo Mobile Indonesia Meutia Setijono, keputusan Vivo menggunakan tujuh pablic figure sekaligus sebagai product ambassador serta selfie idol Vivo karena mereka dinilai mampu mewakili sejumlah karakter millennials. Ketujuh public figure tersebut adalah Agnes Monica, Prilly Laticonsina, Varrel Bramasta, Afgan, The Sister (Saskia Sungkar dan Shireen Sungkar), Pevita Pearce, dan Ahmad Al Ghazali. "Mereka kami pilih karena mampu mewakili karakter merek Vivo maupun target market yang dibidik Vivo, yakni millennials. Mereka tercatat masih muda, berprestasi, energik, aktif, dan rising star," tegasnya.
Aktif di social media dengan jumlah follower yang banyak juga menjadi bahan pertimbangan Vivo dalam memilih ketujuh endorser-nya itu. Lantaran, millennials yang memang disasar Vivo tercatat sangat akrab dan "melek" digital. "Kami berharap para product ambassador dan selfie idol Vivo dapat menginspirasi dan meng-influence kalangan anak muda Indonesia," terang Meutia.
V5s Perfect Day
Pada pertengahan Mei ini, Vivo meluncurkan produk anyarnya, Vivo V5s. Dijelaskan Kenny Chandra, Product Manager PT Vivo Mobile Indonesia, Vivo V5s mengedepankan 20MP New Selfie Soflight Camera Perfect Selfie sebagai keunggulannya. "Untuk itu, kami menggandeng tujuh public figure sebagai product ambassador dan selfie idol Vivo untuk mengkomunikasikan produk baru ini," ujarnya.
Sejumlah strategi siap dilancarkan untuk mensukseskan Vivo V5s. Antara lain, placement iklan di sejumlah titik bandara, aktivasi merek di toko maupun dealer, hingga mensponsori sejumlah event besar. Pada 13-14 Mei ini misalnya, Vivo menggelar aktivasi merek bertajuk "V5s Perfect Day". Program tersebut digelar di ITC Roxy Mas, Jakarta.
Pada kesempatan itu, Vivo mendatangkan Varrel Bramasta dan Prilly Latuconsina. Selain itu, di sana digelar juga sejumlah kegiatan seperti Selfie Tracker (berfoto bersama dengan Vivo V5s di mana hasil cetak foto dapat langsung diterima), aneka permainan seru, undian berhadiah untuk memenangkan Vivo V5s, hingga bincang-bincang dengan product ambassador dan selfie idol Vivo. "Sebelumnya, di Bandung, tepatnya di Bandung Electronic City, kami menggelar V5s Perfect Day. Di sana kami menbawa Agnes Monica," lanjut Kenny.
Hasilnya? Dijawab Kenny, antusiasme pengunjung terhadap acara V5s Perfect Day dan produk Vivo V5s sangat signifikan. Selain dipadati ratusan pengunjung, penjualan produk Vivo V5s selama dua hari juga mampu mencapai 10 ribu unit. "Saat ini, Vivo V5s sudah bisa didapatkan di seluruh dealer di Indonesia dengan harga Rp 3,79 juta," ungkap Kenny yang menyebutkan bahwa Vivo masih kuat di area Jakarta, Bandung, dan Medan.
Usai aktivasi merek V5s Perfect Day, diungkapkan Meutia, Vivo siap mensponsori acara Ramadhan Fashion Delight, yang merupakan rangakain acara dari Jakarta Fashion Week 2017. Pada event yang digelar di Mal Kota Kasablanka itu, Vivo akan ambil bagian dengan menghadirkan salah satu product ambassador dan selfie idol Vivo, The Sister. Karena, selain artis, The Sister juga perancang busana dan memiliki butik.
"Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk mengkomunikasikan sekaligus memasarkan Vivo V5s. Selain peak season, tingkat belanja konsumen pada masa itu juga sangat tinggi, termasuk belanja gadget atau smartphone," tutup Meutia.