Marketing Strategy

Strategi Endless Computers Menyasar Segmen Pendidikan

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, komputer masih dinilai terlampau mahal, sementara skema pembiayaan belum banyak tersedia. Oleh karena itu, Endless Indonesia bekerja sama dengan institusi pembiayaan skala mikro (microfinance), seperti Adira Finance, Aeon & Aldira, dan sebagainya, untuk membantu masyarakat dalam memiliki komputer dengan harga terjangkau.

Sementara itu, terkait infrastruktur internet, kompleksitas dan alasan penggunaan komputer, lebih dari 50% masyarakat Indonesia tidak mempunyai akses Internet dan membeli komputer dapat menjadi pengalaman yang mengintimidasi. Untuk itu, Endless telah dilengkapi dengan konten pendidikan yang lengkap sehingga tidak membutuhkan koneksi internet setiap saat. “User interface Endless dibuat sesederhana mungkin seperti halnya ponsel sehingga dapat dengan mudah digunakan,” klaimnya.

Selanjutnya, dalam mendistribusikan komputer, jaringan toko biasanya hanya menjangkau kota-kota besar (second tier cities). Matt menegaskan, “Endless ingin fokus menjangkau seluruh lapisan masyarakat Indonesia, termasuk mereka yang tinggal di daerah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar).”

Untuk tahun pertama, Endless fokus untuk menjangkau pasar di Jogjakarta, Bali, Surabaya, Bogor, Bandung, dan Jakarta. “Kami secara langsung mendatangi target utama Endless, seperti para murid, orang tua murid, dan guru di sekolah dasar dan menengah. Kami bekerja sama dengan sekolah-sekolah melakukan edukasi tentang komputer Endless kepada para guru, murid, dan orang tua. Mereka juga dapat langsung mencoba operating system Endless dan merasakan kelebihan serta kemudahan dalam menggunakan Endless,” papar Matt.

“Ke depan, kami berencana terus mengembangkan software Endless dengan memasukkan konten ke dalam aplikasi serta permainan (game) yang berfokus pada coding. Kami juga berencana untuk membangun aplikasi pendidikan untuk anak-anak yang dapat mengajarkan coding dan bahasa Inggris,” tutupnya.

Page: 1 2Lihat Semua

Dwi Wulandari

Recent Posts

Langkah LG Perkuat Pasar AC Komersial di Indonesia

MIX.co.id - PT LG Electronics Indonesia kembali memperkenalkan produk Single Commercial AC terbarunya, pada awal…

17 hours ago

Lima Tren Media Sosial bagi Bisnis

MIX.co.id - Meta baru saja merilis lima tren media sosial di 2025 yang dapat berdampak…

1 day ago

Bidik Gen Z, Wings Food Luncurkan TOP Mokachinno Double Shot

MIX.co.id - TOP Coffee, merek kopi dari Wings Food, merilis inovasi terbarunya, TOP Mokachinno Double…

1 day ago

Nivea Libatkan 9 Perempuan Berhijab Inspiratif di “Nivea Hijab Run 2025”

MIX.co.id - Nivea akan menggelar Nivea Hijab Run 2025, pada 23 Februari mendatang di Mall…

2 days ago

Gandeng Sony Music, Asics Dukung Perjalanan Musik Cécil Yang

MIX.co.id - Asics Indonesia berkolaborasi dengan produser musik Sony Music Indonesia memadukan elemen terbaik dunia…

2 days ago

Save the Children Jangkau Puluhan Ribu Masyarakat melalui Program “Ketangguhan Masyarakat Berbasis Lanskap”

MIX.co.id - Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dari 1 Januari hingga 8 Desember 2024,…

3 days ago