Sukses Zmot Lipstik Matte Purbasari

Ratu Maulia Ommaya, Public Relations Manager The Body Shop Indonesia:
MEREKA ADALAH EVERYDAY PEOPLE

The Body Shop sudah mulai menggunakan netizen sebagai endorsement produknya sejak 2014 melalui program Best Friends Forever (BFF). Mereka adalah followers organic kami yang secara organic juga mereka mem-posting (review) produk kami. Beberapa diantaranya bahkan atlet ternama, musisi terkenal, selain mereka yang berasal dari berbagai profesi seperti dokter, mahasiswa, dan karyawan kantor, lelaki dan perempuan.

Beauty Blogger—atau sekarang Vlogger (Video Blogger)–sedang menjadi endorser favorit brand kecantikan di channel online. Publik merasa ‘lebih percaya’ dengan rekomendasi mereka karena mereka adalah everyday people yang ada flaws-nya—seperti orang kebanyakan. Mereka memiliki bentuk wajah, jenis kulit dan warna kulit yang berbeda-beda, dan mewakili kita semua.

Komunitas online juga saat ini berperan sebagai wadah komunikasi, saling tukar pengalaman, juga sharing tentang brand kecantikan yang mereka gunakan dan menjadi favorit mereka. Ini seperti berbicara atau mendengar testimoni teman sendiri. Sama seperti blogger dan vlogger, mereka juga everyday people dan bahkan lebih ‘organic’. Brand dengan komunitas online memiliki konektivitas yang efektif. Biasanya brand menggunakan channel ini di saat akan launching sebuah produk. Komunitas ditawarkan lebih dulu untuk mencoba produk dan testimoni yang mengalir akan menjadi buzz disaat waktu launching tiba.

Komentar netizen dianggap brand sebagai sebuah apresiasi yang organic dan bonus yang menyenangkan. Dengan banyaknya komentar netizen yang positif di social media akan membantu untuk membangun engagement yang tinggi. Begitu juga jika itu negatif, harus didengar dan ditanggapi setelah terlebih dulu di cek akun yang bersangkutan bukan fake account. Brand sebaiknya menaruh perhatian khusus bagi netizen yang memberi apresiasi, apalagi jika kita pelajari bahwa dia memang punya concern terhadap produk kecantikan dan dianggap sebagai ‘pakar’ oleh teman-teman dan peer group nya. Kita bisa cek likes dan komen.

Saat ini memang behavior customer berubah. Dulu sebagian yang datang ke store akan bertanya banyak hal dari yang mendasar sampai benefit produk. Source-nya adalah beauty care specialist yang bertugas di store. Tapi saat ini berubah, hampir semua customer yang datang ke store sudah membaca review dan testimonial dari blogger, vlogger dan juga komunitas online. Sehingga endorser strategy yang digunakan menjadi semakin lengkap dengan adanya review dari blogger, vlogger, komunitas online bahkan komen-komen netizen di postingan brand akan produk tersebut. Jadi, Zero Moment Of Truth produk kecantikan bukan sekedar channel for creating awareness. (Lis)

Page: 1 2 3Lihat Semua

Lis Hendriani

Recent Posts

Pertama di Indonesia, Didimax Luncurkan Program Free Komisi dan Free Swap

MIX.co.id - Didimax resmi merilis Free Komisi dan Free Swap pertama di Indonesia. Free Komisi…

2 days ago

XL Axiata Raih Empat Penghargaan di Stellar Workplace Award 2024

MIX.co.id - XL Axiata berkomitmen untuk menciptakan program inovatif berbasis digital dan membangun keterlibatan karyawan…

2 days ago

Langkah CIMB Niaga Dorong Optimalisasi Transaksi Mata Uang Lokal Antarnegara

MIX.co.id - CIMB Niaga mengajak nasabah, khususnya para pelaku usaha, untuk mengoptimalkan penggunaan mata uang…

2 days ago

Ajinomoto Perkuat Kesejahteraan yang Berkelanjutan melalui AminoScience

MIX.co.id - Permasalahan gizi seperti gizi buruk pada anak dan gangguan kesehatan akibat penyakit metabolik…

2 days ago

Gandeng Perfumer Asal Thailand, HINT Luncurkan HINT Noble Extrait De Parfum

MIX.co.id - Merek parfum lokal, HINT, meluncurkan HINT Noble Extrait De Parfum sebagai bagian dari…

2 days ago

Kasus Cacar Air Melonjak, Dexa Kembangkan Stimuno yang Perkuat Sistem Imun

MIX.co.id - Belakangan ini, wabah penyakit cacar air (Varicella) di Indonesia, khususnya Tangerang Selatan, mengalami…

2 days ago