Categories: Marketing Strategy

The Power and Value of Community

Dalam event ini, kedua brand mensponsori member IndoRunners mendapatkan knowledge tentang teknik-teknik lari dan isu yang terkait dengan lari. “Kami ambil pelatih professional untuk memberikan training. Harapan kami, mereka bisa menjadi better runner dan memiliki pengetahuan dan skill lari yang lebih baik. Kami juga ingin menciptakan training culture,” tutur founder komunitas IndoRunners Yasha Chatab.

Pertanyaannya adalah apakah kemudian para member menjadi konsumen merek sponsor masih membutuhkan effort lain. Harus diakui bahwa komunitas merek terdiri dari sekelompok pengagum merek individu yang sangat memahami dan menghargai selera pengagum merek lain, meskipun tidak ada jaringan sosial formal yang menyertainya. Artinya, tak ada jaminan bahwa anggota komunitas mengkonsumsi merek produk yang sama.

Ini membuka peluang bagi pengelola untuk masuk dan mempengaruhi anggota komunitas itu menggunakan mereknya. Komunitas merek memang terbentuk dari individu-individu yang mengidentifikasi secara sosial dengan orang lain untuk berbagi minat mereka dalam merek tertentu.

Ini menunjukkan bahwa untuk produk utama bisa saja mereka menggunakan suatu merek tertentu. Akan tetapi ketika masuk ke roduk pendukungnya, bisa saja merek ikutannya masuk. Disinilah peluang merek produk pendukung masuk.

Komunitas merek memungkinkan link yang kuat diantara anggota dan keterlibatan mereka dalam komunitas. Dalam konteks ini didalam komunitas tersebut ada semacam jaringan sosial. Disini ikatan sosial dibangun melalui interaksi pelanggan-ke-pelanggan dan persahabatan.

Ikatan sosial ini membuat pelanggan membuka diri, mendengarkan dan peduli, serta membantu meningkatkan saling pengertian, keterbukaan antara mitra hubungan dan kedekatan. Karena itu, beberapa perusahaan meningkatkan ikatan social dengan menciptakan sebuah komunitas pengguna yang berbagi rekomendasi serta tips perusahaan melalui situs web. Dalam hal ini, ikatan social harus bisa meningkatkan keterlibatan pengguna online tersebut dengan komunitas.

Page: 1 2 3Lihat Semua

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Raisha Wirapersada, Media Relations Officer Multitalenta

MIX.co.id - Raisha Wirapersada memulai kariernya sebagai Fashion Stylist Assistant di Majalah Kartini pada 2010,…

3 days ago

Jelang Akhir Tahun, Asus Rilis Laptop Gaming Tipis Berteknologi AI

MIX.co.id - Belakangan ini, tren yang tengah terjadi di industri laptop adalah laptop ber-body yang…

3 days ago

Aplikasi PINTU Cetak Kinerja Positif sepanjang 2024

MIX.co.id - Aplikasi crypto all-in-one, PINTU, kembali mencetak kinerja positif sepanjang tahun 2024. Hal itu…

3 days ago

XL Axiata dan Xanh SM Berkolaborasi Hadirkan Solusi IoT bagi Industri Transportasi Listrik

MIX.co.id - XL Axiata melalui XL Axiata Business Solutions dan Xanh SM berkolaborasi untuk menghadirkan…

3 days ago

PLN Icon Plus dan Pertamina Geothermal Energy Bersinergi untuk Benchmarking Transformasi Bisnis

MIX.co.id - PLN Icon Plus baru saja mendapat kunjungan dari Pertamina Geothermal Energy (PGE). Kunjungan…

3 days ago

Digiplus Resmikan Gerai Baru di SMS 2 Tangerang

MIX.co.id – Digiplus, unit bisnis PT Mitra Adiperkasa Tbk., meresmikan gerai terbaru yang berlokasi di…

3 days ago