Tiga Strategi BNI Life Bersaing di Industri Asuransi

Semester pertama 2017, BNI Life mampu mengalami pertumbuhan premi sebesar 30-40%. Itu artinya, BNI Life sanggup tumbuh di atas pertumbuhan pasar industri asuransi jiwa nasional, yang hanya tumbuh 20%. Keberhasilan BNI Life tersebut, dikatakan Assistant Vice President Head of Communications BNI Life Lia Mariani, berkat tiga strategi yang telah dilancarkan sejak dua tahun terakhir.

Pertama, produk BNI Life disiapkan secara konsep dan price agar dapat tercipta produk yang kompetitif dan custom. Ia mencontohkan bahwa tahun lalu BNI Life telah meluncurkan ulang (relaunch) Employee Benefit, yakni produk asuransi kumpulan yang menyasar korporat. Langkah itu dilakukan karena BNI Life ingin memanfaatkan kemitraan Bank BNI yang notabene menjadi merupakan captive market. Selain itu, BNI Life masih didominasi oleh market individu.

"Hasilnya, pertumbuhan di produk asuransi kumpulan ini terhitung sangat besar. Hal ini karena kebutuhan perusahaan terhadap produk asuransi kesehatan dan hari tua untuk karyawan mereka juga tinggi. Saat ini, perusahaan dengan karyawan di bawah 10 orang pun dapat menikmati produk Employee Benefit dari BNI Life," terang Lia.

Kedua, mempersiapkan back end, antara lain menyiapkan people di operasional dengan sistem yang terus dibenahi. Ketiga, memberikan service atau layanan yang terbaik. "BNI Life memiliki layanan tercepat, Klaim 25 menit. Layanan tersebut adalah inovasi kami guna mempersingkat proses klaim dengan nominal hingga Rp 10 juta dan pencairan langsung dapat diterima melalui transfer hanya dalam kurun waktu 25 menit," ungkapnya, yang menyebut untuk klaim di atas Rp 50 juta, BNI Life menawarkan One Day Service.

Untuk mendukung layanan itu, diakui Lia, dalam dua rahun terakhir BNI Life melakukan penetrasi ke 6 kota di Indonesia. Di sana, BNI Life menghadirkan gerai layanan agar nasabah dapat menikmati kemudahan akan klaim. Keenam kota tersebut adalah Bandung, Denpasar, Surabaya, Semarang, Yogykarta, dan Palembang. "Keenam kota itu dipilih karena BNI Life masih kuat di Jawa, Bali, dan Sumatra. Rencananya, kami akan menambahkan kantor layanan tersebut di tahun depan," jelasnya.

Masih terkait layanan, baru-baru ini, BNI Life juga menghadirkan BNI LIfe Lounge di RS Pertamina Jakarta. Lantaran, tingkat klaim untuk BNI Life di rumah sakit tersebut terhitung tinggi. Menurut Lia, gerai layanan yang nyaman di dalam rumah sakit itu merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. "Rencananya, kami akan melakukannya di rumah sakit-rumah sakit yang lain demi memberikan layanan yang terbaik untuk nasabah," lanjut Lia.

Kampanye #SiapkanBekalnya Selain tiga strategi itu, diterangkan Lia, BNI Life juga massif menggelar kampanye marketing komunikasi di berbagai kanal, baik di kanal tradisional seperti cetak, radio, hingga digital. Salah satu kampanye yang dilancarkan BNI Life di tahun ini adalah #SiapkanBekalnya. "Kampanye #SiapkanBekalnya berangkat dari insight bahwa influencer utama untuk produk asuransi di keluarga adalah ibu. Ibu juga dikenal sebagai salah satu pengambil keputusan di keluarga. Oleh karena itu, target market utama kami adalah segmen ibu yang notabene dapat menyiapkan bekal untuk keluarganya, termasuk bekal kesehatan dan pendidikan untuk masa depan anak-anaknya dengan produk asuransi," urai Lia.

Melalui kampanye #SiapkanBekalnya, BNI Life mengajak para ibu untuk menyiapkan bekal untuk masa depan anak. Kampanye dimulai dengan parade fun walk di kawasan Car Free Day Jakarta, pada 24 September 2017. Pada kesempatan itu, BNI Life menggandeng komunitas Mommies Daily dan The Urban Mama.

Selain fun walk, di sana BNI Life juga menghadirkan cek kesehatan mamografi, kegiatan olahraga, artist performance, flash mob, hingga kontes foto di social media dengan cara meng-upoad foto ke Instagram atau Twitter dengan menggunakan hashtag #SiapkanBekalnya. Mereka akan mendapatkan merchandise menarik secara langsung dan berpeluang mendapatkan Grand Prize senilai total Rp 1 Juta untuk 2 orang pemenang.

"Melalui kampanye #SiapkanBekalnya, BNI Life juga ingin meningkatkan kesadaraan keluarga muda Indonesia akan pentingnya persiapan perencanaan dan perlindungan keuangan keluarga sejak dini untuk masa depan lebih baik dengan asuransi. Kampanye BNI Life #Siapkanbekalnya menargetkan keluarga muda yang tengah mempersiapkan masa depan keluarganya dengan perlindungan asuransi," ujarnya.

Kampanye #SiapkanBekalnya juga digelar di rumah sakit-rumah sakit di Indonesia yang selama ini menjadi mitra BNI Life. Antara lain, dengan menggelar aktivasi dan edukasi di sana. Hal yang sama juga dilakukan di wilayah perkantora di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)