Best of the Best Tactical Event
The Most Experiential Brand Activation 2018
Dalam rangka mendorong okupansi pengunjung, para pengelola pusat perbelanjaan atau mal dituntut untuk kreatif menciptakan aktivasi menarik—di samping promo diskon. Inilah yang dilakukan oleh pengelola Mal Central Park dan Neo Soho dengan menggelar aktivasi Dog Does Disco (DDD) Millennials yang bertajuk “A Bohemian, Art & Music Festival” pada pertengahan Mei 2018 lalu.
Kegiatan DDD Millennials adalah ajang berkumpulnya para pecinta anjing dan mengajak mereka membawa anjing peliharaan kesayangan mereka. Event ini sukses dihadiri tidak kurang 170 ribu pengunjung pecinta anjing, berasal dari Jakarta maupun luar Jakarta.
Selain digelar untuk menyambut moment libur panjang, event DDD Millennials juga diselenggarakan untuk mendongkrak jumlah kunjungan dan transaksi belanja. Peningkatan transaksi belanja dicerminkan melalui registrasi sebesar Rp50 ribu atau berbelanja minimal Rp100 ribu di seluruh tenant mal, para pengunjung dapat menukarkannya dengan satu tiket masuk dan ikut meramaikan dan menyaksikan acara DDD Millennials.
Obyektif lain dari event ini adalah membangun loyalitas konsumen. Event merupakan upaya pengelola mal untuk menjalin kedekatan dengan pengunjung sehingga tercipta pengunjung loyal. Acara DDD seolah telah menjadi event identity dari Central Park dan Neo Soho Mall. Tak mengherankan jika DDD menjadi event tahunan yang berperan sebagai magnet untuk menggaet pengunjung.
Acara DDD Millennials yang berlokasi di Tribeca itu dipadati pengunjung pecinta anjing yang telah merias peliharaannya sedemikan rupa. Berbagai jenis anjing peliharaan bisa dijumpai di sini, dari jenis Boodle, Chihuahua, Mini Pom, hingga jenis Shih Tzu. Sejumlah selebriti turut meramaikan event ini, di antaranya Luna Maya, Wulan Guritno, Lukman Sardi, Robby Ertanto, Chicco Jerikho Putri Marino, dan Baim Wong yang turut hadir membawa anjing kesayangannya.
Rangkaian acara DDD Millennials selama 11-13 Mei 2018 diawali dengan Pup Up Market yang menawarkan berbagai kebutuhan anjing dari aksesoris lucu hingga makanan kesehatan untuk anjing. Kemudian ada acara “Hush Puppies A Celebration of Art” diisi dengan kegiatan menghias ikon Hush Puppies. Event semakin menarik dengan penampilan koleksi batik dengan motif anjing dari perancang busana Cithra Subjakto.
Tak kalah seru adalah kompetisi khusus bagi anjing hingga kompetisi berupa kolaborasi antara anjing dengan pemilikinya. Kompetisi diawali Dog Eating Competition (makan cepat), kemudian Maze Race Competition (menyusuri race jalan), serta Dog Walk Competition (kekompakan anjing dengan pemiliknya). Ada pula acara “Dog Does Millennials Box X” yang disuguhkan untuk mewadahi kebiasaan dunia digital dan fotografi kalangan generasi zaman sekarang. Sebuah millennials box dihias karya seni mural art yang bisa dimanfaatkan untuk foto selfie dan kemudian diunggah ke social media.
Event aktivasi ini cukup sukses mengedukasikan Central Park Mall dan Neo Soho Mall sebagai sasaran belanja di tengah booming e-commerce. Rangkaian acara menyuguhkan sensasi dan experience bagi pengunjung, terutama yang baru kali pertama datang, sehingga tertarik akan kembali datang pada event tahun depan. Experience tersebut kemudian disebarluaskan kepada publik melalui publikasi di media massa, blog, maupun social media Facebook, Instagram oleh komunitas. Sehingga WOM terbangun dan pesan edukasi tentang event DDD yang diselenggarakan Central Park Mall dan Neo Soho Mall tersampaikan dengan tepat.
Jumlah user yang posting acara DDD di social media Facebook, Twitter, Path, dan Instagram terhitung mencapai lebih dari 100 K. Event ini juga sukses meraih target, antara lain mendongkrak jumlah pengunjung dan transaksi penjualan. Terbukti dari jumlah pengunjung yang datang melampaui target. Sementara transaksi selama event berlangsung meningkat hingga berlipat dibandingkan saat normal.