Mengintip Aksi Blibli.com di Indocomtech 2016

Memanfaatkan pameran akbar yang mampu mendatangkan ratusan ribu pengunjung merupakan salah satu upaya strategis yang dilakukan para pemilik atau pengelola merek. Hal itu juga yang dilakukan oleh situs belanja online Blibli.com. Pameran tahunan Indocomtech—yang mampu mendatangkan ratusan ribu massa—rupanya menjadi salah satu saluran komunikasi dan pemasaran yang dipilih Blibli.com dalam mendekatkan diri ke calon konsumen maupun pelanggannya.

blibli

Dimulai pada tahun lalu, Blibli.com telah berpartisipasi menjadi peserta Indocomtech. Dinilai efektif, maka tahun ini, Blibli.com kembali berpatisipasi di ajang Indocomtech 2016, yang digelar pada 2-6 November di JHCC-Jakarta. Tepatnya, sebagai official e-commerce partner. Kali ini, kampanye yang diusung Blibli.com pada Indocomtech 2016 adalah “Blbibli.com Indocomtech Goes to Online 2016”.

Chief Executive Officer Blibli.com Kusumo Martanto mengatakan pada perhelatan Indocomtech 2016, Blibli.com dapat melakukan edukasi market tentang kemudahan berbelanja online dari seluruh Indonesia. Termasuk, menawarkan promosi menarik seperti aneka diskon dan Lelang Online. “Seluruh masyarakat dapat memperoleh produk dari Indocomtech melalui Blibli.com. Bahkan, pelanggan juga berkesempatan memperoleh penawaran ekonomis dan kemudahan pola pembayaran dari transaksi online yang dilakukan di Blibli.com,” tegasnya.

Selain mengedukasi market, pada perhelatan Indocomtech 2016, Blibli.com juga meluncurkan Blibli.com NOW. Diterangkan Kusumo, Blibli.com NOW adalah sebuah aplikasi untuk para merchant partner yang dapat memberikan kemudahan masyarakat dalam melakukan transaksi secara online serta mendapatkan secara langsung di toko yang sudah menjadi mitra Blibli.com. “Aplikasi baru ini menjadi bagian dari inovasi bisnis yang kami kembangkan bersama mitra-mitra usaha kami,” ucapnya.

Sejatinya, aplikasi Blibli.com NOW menjadi aplikasi offline to online (O2O) yang mampu menjembatani para pembelanja offline untuk mengenal kemudahan berbelanja online. Aplikasi tersebut, diyakini Kusumo, juga menjadi peluang bari merchant partner untuk memperluas usaha dengan memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan Blibli.com. Mulai dari jaminan kualitas produk, hingga sistem pembayaran yang mudah yang memanfaatkan fasilitas cicilan 0% selama 12-24 bulan dengan minimal transaksi Rp 500 ribu.

Diluncurkannya aplikasi anyar tersebut oleh Blibli.com bukan tanpa alasan. Menurut Kusumo, peluang merangkul pembelanja offline untuk berpindah menjadi pembelanja online sangat besar. Sebab, saat ini nilai penjualan e-commerce di negara-negara ASEAN—termasuk Indonesia—masih sangat kecil, yakni kurang dari 1% terhadap total penjualan sektor industri ritel. “Bandingkan dengan negara-negara di Eropa, China, dan Amerika, yang nilainya sudah mencapai 6-8%,” ujarnya.

Kini, tak kurang dari 45 mitra store di Jabodetabek telah bergabung ke dalam Blibli.com NOW. “Ajang Indocomtech 2016 ini menjadi wadah bagi para mitra store kategori elektronik dan gadget untuk dapat menjual produk-produk mereka, termasuk memperoleh pelanggan baru. Pada ajang ini, ada 14 mitra store yang menghadirkan Blibli.com NOW. Mereka adalah Asus, LG, Evercoss, Point2000, IT Galeri, Agres Compudata Global Indonesia, Compshop, Romoss, TP-Link, Transcend, SFI Group, IG Solution, Bose, dan PX,” tutup Kusumo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)