Ooredoo pun Ingin Punya Pamor Sekuat Indosat

Perusahaan induk Indosat, Ooredoo menggelar kampanye global 'Fans Do Wonders' bersama tim sepakbola Paris Saint-Germain (PSG). Pada kampanye itu Ooredoo memberikan tayangan berupa TVC Series para pemain PSG yang menyapa penggemar di Indonesia dengan beberapa atribut khas seperti blangkon dan sarung. “Ini adalah cara Indosat dan Ooredoo untuk memperkenalkan diri kepada dunia tentang Indonesia, dan sepakbola adalah salah satu cara terbaik untuk berkomunikasi secara global,” tutur Alexander Rusli, CEO Indosat.

Ooredoo Tower Supports Paris Saint Germain Ooredoo Tower Supports Paris Saint Germain

Tak sekedar menyapa, para pemain yang terdiri dari lima tersebut akan menjajal beberapa produk khas Indonesia seperti sarung, sate dan blangkon. Elemen budaya nasional Indonesia sengaja diangkat agar mendorong partisipasi fans Tanah Air aktif dalam Fans Do Wonders menjadi salah satu yang tertinggi secara global.

Pada kampanye ini, para fans dari seluruh dunia bisa langsung mengirim pesan kepada para pemain PSG melalui layar besar yang terdapat di stadion markas PSG di Paris, Prancis. Pesan itu dapat dikirim penggemar tim papan atas liga Prancis melalui laman www.fansdowonders.com maupun media sosial Twitter.

“Penggemar bisa langsung berinteraksi lewat pesan yang dikirim ke pemain kunci PSG. Pesan yang dipajang di layar bisa langsung dilihat oleh para pemain dan juga penonton di seluruh dunia,” kata Erik Meijer, Strategic Brand Advisor dan Juru Bicara Ooredoo di Indonesia, saat ditemui MIX di Jakarta, (14/5).

Menurut Erik, video yang menampilkan budaya nasional Indonesia sebagai wujud nyata Ooredoo memperhatikan betul masyarakat Tanah Air yang aktif memakai layanan telekomunikasi dari anak usahanya, Indosat. Mereka juga menyatakan video kampanye tersebut bisa membantu mempromosikan budaya Tanah Air ke kancah internasional.

Selama ini Ooredoo di Indonesia belum setenar Indosat yang merupakan bagian dari Grup, oleh karena itu, ungkap Erik, kampanye yang memanfaatkan nama tenar PSG tersebut juga ingin memperkenalkan Ooredoo sebagai sebuah corporate dan Indosat adalah bagian dari Ooredoo.

Terkait dengan implementasi kampanye Ooredoo di Indonesia, ‘Fans Do Wonders’ adalah bagian awal dari strategi komunikasi yang di lakukan Indosat dan Ooredoo untuk eksis di Indonesia. “Kita sudah berikan sponsor ke PSG dan mendapat hak eksklusif untuk mempromosikan produk Ooredoo di stadiumnya yang dipakai menayangkan pesan dari para fans. Harapan kita kampanye ini juga bisa membantu promosi pariwisata Indonesia ke hadapan dunia, kan kalau yang kampanye bintang sepakbola mungkin akan lebih diperhatikan orang di luar negeri,” ujar Erik lagi.

Sementara itu, terkait dengan kampanye ‘Fans Do Wonder’ di Indonesia, hingga tanggal 12 Mei Indonesia tercatat sebagai negara yang mengirimkan pesan dukungan terbanyak di seluruh dunia dengan 1996 pesan, mengalahkan Aljazair sebanyak 1687 pesan. Dua pesan dari Indonesia telah berhasil ditampilkan di layar stadion.

Tak hanya itu, dari seluruh kicauan yang memakai tagar #FansDoWonder sebanyak 19,35% memakai bahasa Indonesia. Jumlah itu hanya terkalahkan oleh jumlah kicauan berbahasa Inggris 38,71% dan bahasa Prancis 22,58% yang merupakan bahasa kampung halaman PSG.

Bagi Indosat, bentuk kampanye dengan berkolaborasi dengan berbagai nama global bukan yang pertama kali. Melalui kerjasama global, Indosat bahkan berpartisipasi dalam kampanye global Ooredoo Group pada Piala Dunia 2014 lalu, “Simply Do Wonders” yang menjadi salah satu dari 10 video kampanye yang paling banyak di tonton selama periode Piala Dunia dan merupakan video viral yang paling banyak ditonton secara online dari kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara pada tahun 2014 dengan lebih dari 11 juta viewer.

Selain kampanye, cara Ooredoo eksis dan dikenal oleh masyarakat Indonesia pun dilakukan dengan pendekatan corporate social responsibility (CSR). Di dukung oleh Ooredoo dan Lionel Messi Foundation, Indosat juga telah menghadirkan gerakan baru dalam memberikan layanan gratis melalui Mobil Klinik.

“Inisitif ‘Mobil Klinik’ tersebut menyediakan layanan kesehatan penting di lokasi – lokasi yang membutuhkan di seluruh Indonesia tanpa biaya. Selain melayani kebutuhan sehari – hari mereka, Mobil Klinik juga telah terbukti efektif untuk situasi bencana alam dan situasi darurat lainnya,” pungkas Alexander Rusli. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)