Mengundang media atau jurnalis untuk hadir dalam press conference bukanlah perkara yang mudah. Di samping padatnya agenda para jurnalis, tak jarang waktu penyelenggaran press conference berbarengan dengan peheletan yang digelar oleh kompetitor sekategori. Itu sebabnya, konsep PR Launching yang unik--yang mampu menghadirkan media di dalam press conference--menjadi strategi yang penting bagi tim Public Relations (PR).
PR Launching ala Samsung Galaxy Note 4
Ambil contoh, undangan peluncuran produk Samsung GALAXY Note 4 yang jatuh pada 22 Oktober 2014, di Ballroom Hermitage Hotel, Jakarta. Undangan yang digelar pada 11.30 WIB itu, rupanya berbarengan dengan hajatan yang digelar oleh kompetitornya. Ya, di waktu yang sama, Sony Mobile Communications juga mengundang media untuk memperkenalkan
produk barunya, Xperia Z3.
Lantas, apa yang perlu dilakukan agar media bersedia memenuhi undangan Samsung? Cara Samsung dalam merancang PR Launching GALAXY Note 4, boleh dibilang cukup jitu. Pertama, undangan yang dikirim Samsung dirancang inline dengan program pre-launch-nya. Misalnya, dengan mencantumkan kalimat: "Tersedia hadiah menarik bagi 30 orang pertama yang hadir dengan memperlihatkan bukti pre-order Samsung GALAXY Note 4 atau memiliki dan membawa seri Samsung GALAXY Note sebelumnya (Note 1, Note 2, atau Note 3)".
Sementara itu, pada masa pre-launch, Samsung menggelar program pemesanan pre-order GALAXY Note 4 melalui www.galaxylaunchpack.com. Mereka yang memesan melalui pre-order tersebut akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan produk terlebih dahulu di berbagai gerai Samsung. GALAXY Note 4 sendiri baru akan tersedia mulai tanggal 24 Oktober 2014.
Adapun peluncuran untuk konsumen secara umum akan dilakukan di beberapa titik di Indonesia. Di Jakarta, konsumen dan pelanggan setia Samsung dapat mengunjungi acara Consumer Launch di Atrium Senayan City, Jakarta, yang akan dilakukan pada tanggal 25 Oktober 2014 dengan berbagai keuntungan yang dihadirkan bersama mitra Samsung.
Memasuki perhelatan press conference, Samsung mencoba konsep yang berbeda. Media yang datang misalnya, melakukan registrasi sendiri dengan menggunakan perangkat GALAXY Note 4. Di layar berukuran besar, media menuliskan nama dan media mereka dengan S Pen--fitur ikonik yang hanya dimiliki oleh seri Samsung GALAXY Note dan telah disempurnakan
di GALAXY Note 4.
Selain menghadirkan booth experience GALAXY Note 4, kali ini Samsung juga menampilkan musisi yang memainkan semua alat musik mereka hanya lewat perangkat GALAXY Note 4. Mulai dari instrumen gitar, drum, bass, hingga partitur musik, semuanya secara apik dimainkan dari GALAXY Note 4.
Ya, melalui penampilan itu, Samsung memang ingin menunjukkan kecanggihan salah satu fitur GALAXY Note 4 kepada para media. Dijelaskan Febri Rusli, Product Marketing Senior Manager Samsung Mobile Samsung Electronics Indonesia, GALAXY Note terbaru ini adalah perangkat yang berguna dan dapat diandalkan untuk merekam suara. Sebab, telah dilengkapi dengan beberapa mikrofon dan pengeras suara yang telah disempurnakan, juga Built-in Voice Recorder yang menawarkan delapan penjuru suara yang berbeda dan fitur selektif playback, yang memungkinkan pengguna untuk mengisolasi, mendeteksi, dan memilah suara percakapan dalam grup.
"GALAXY Note 4 juga merupakan mitra yang ideal untuk merekam narasi, lagu, aransemen musik, serta menangkap suara di lingkungan sekitar yang dapat memberikan nilai tambah pada produksi video serta karya kreatif lainnya. Pengguna dapat merekam berbagai suara dengan suara yang lebih jernih," jelas Febry.
Masih belum cukup, di sepanjang acara press conference, Samsung mengundang para media yang hadir untuk mengikuti kontes tweet terbaik GALAXY Note 4, dengan hadiah menarik. Bisa ditebak, kali ini Samsung ingin melakukan amplifikasi sekaligus viralisasi lewat media sosial.