Strategi Lux Hadapi Economic Downturn

Menurut Oky Andries, Senior Brand Manager Lux, PT Unilever Indonesia, melambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia – yang hanya bertumbuh 4.7% (menurut Centre for Budget Analysis) – tidak berdampak pada penjualan produk Lux. Kepada MIX Marcomm, ia mengakui bahwa pertumbuhan Lux di Q1 berada di posisi stabil. “Mandi adalah basic needs setiap orang. Kelihatannya konsumen cukup cerdas dan kreatif mengakali bagaimana caranya bisa memenuhi kebutuhan untuk tampil cantik, terutama target market kami usia 25-35 tahun. Jadi so far belum ada pengaruhnya pada Lux,” ujarnya.

Lux meluncurkan dua inovasi lewat dua produk yang berbeda sebagai strategi menghadapi economic downturn

Namun demikian, bagi Lux, tetap diperlukan strategi untuk menyiasati keadaan ini, salah satunya adalah dengan berinovasi. Di kuartal pertama, Lux meluncurkan dua inovasi lewat dua produk yang berbeda. “Pertama adalah 5 fragrance collection yang kami luncurkan pada Januari lalu. Lewat produk wewangian ini, kami melakukan inovasi keharuman yang tahan hingga 12 jam. Ini adalah yang pertama di dunia,” tuturnya.

Inovasi kedua adalah produk shower serum yang diluncurkan pada Selasa (12/5). Oky mengklaim bahwa produk yang memiliki inovasi Whitelight™ Technology ini merupakan yang pertama di Indonesia. Produk ini dihadirkan berdasarkan insight bahwa demand segmen produk whitening terbilang cukup tinggi di Indonesia. “Ada tiga segmen yang dibutuhkan konsumen Indonesia. Pertama keharuman, kedua kulit lembut, dan ketiga adalah whitening. Segmen ini bertumbuh sangat cepat. Bisa dilihat brand lain sudah memasuki whitening karena secara demand, kebutuhan wanita Indonesia menginginkan kulit tampak cerah sangat tinggi,” paparnya.

Sebagai upaya komunikasi, sebelum produk ini diluncurkan, Lux membagikan produknya ke beberapa key opinion leader dan chief editor majalah, baik di digital maupun di dunia nyata. “Tujuannya adalah untuk mendapat first reaction seperti apa di benak mereka tentang inovasi yang ada di produk Lux Whitening Impress Collection ini. Hasilnya positif karena ini merupakan produk pertama dan terbaru,” ungkapnya. Strategi lain adalah dengan berpartisipasi di ajang Indonesia Movie Award. Lewat acara penghargaan tersebut, Lux akan mengubah red carpet menjadi white carpet serta dengan branding di venue acara.

Selain itu, rencananya Lux akan menggelar activation di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Menurut Oky, aktivasi lebih diarahkan ke edukasi apa dan bagaimana penggunaan produk barunya tersebut. “Selama ini orang tahu nya body wash dan paham cara menggunakannya. Lewat aktivasi ini kami ingin memperkenalkan inovasi dan cara terbaru untuk kulit yang lebih putih,” tutupnya.

Shofa Tartilah

Recent Posts

HOYA Gelar Kampanye Edukatif tentang Bahaya Myopia

MIX.co.id - HOYA Vision Care, produsen lensa asal Jepang, secara berkelanjutan melakukan edukasi tentang bahaya…

17 mins ago

D’Cost Gelar Program Consumer Promo HEBAT

MIX.co.id - D’Cost berkomitmen untuk secara konsisten berinovasi, baik dari segi produk maupun promosi. Selain…

6 hours ago

XL Axiata Turut Sukseskan World Water Forum Ke-10

MIX.co.id - XL Axiata berpartisipasi dalam mensukseskan gelaran event internasional di ajang World Water Forum…

1 day ago

Skincara Gelar Festival Produk Kecantikan Asal Korea dan Jepang

MIX.co.id - Skincara berkolaborasi dengan Lippo Mall Puri dan Guardian menggelar "Skincara SPF++ Festival", pada…

1 day ago

Gandeng Sarinah, YDBA Gelar Bazar bagi 50 UMKM Binaan

MIX.co.id – Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) berkomitmen memandirikan Usaha Mikro Kecil dan…

2 days ago

Daikin Targetkan 500 Peserta di Program “Daikin Proshop Designer Awards 2024”

MIX.co.id - Daikin Airconditioning Indonesia kembali meluncurkan program “Daikin Proshop Designer Awards 2024” (DDA), pada…

2 days ago