United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) melaporkan bahwa nilai global produk dan jasa kreatif di dunia terus bertumbuh. Sejumlah lembaga nasional juga mencatat tren pertumbuhan sumbangan industri kreatif terhadap ekonomi nasional diperkirakan mencapai Rp 1.211 triliun tahun ini. Tak heran, jika sektor kreatif digadang-gadang akan menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia.
Dijelaskan Wahab Afwan, Managing Director FPG Indonesia, FPG Indonesia, yang berlatar belakang perusahaan periklanan siap menjadi Network Hub perusahaan kreatif pertama di Indonesia. “Menangkap peluang di era kreatif dan teknologi 4.0, FPG Indonesia siap menjadi Network Hub pertama di Indonesia di bidang komunikasi dan marketing. Selain sebagai strategic communication consultant, layanan kami termasuk Creative & Media Implementation," katanya.
Lebih jauh Afwan menjelaskan, Keuntungan Network Hub di bidang komunikasi dan marketing adalah perusahaan dapat memilih beragamnya tenaga profesional di bidang periklanan, kreatif, media maupun pemasaran dengan tetap menjaga OKR (Objective and Key Result) dari setiap produk atau brand. Sebab, di Network Hub, setiap implementasi akan dikawal ketat oleh para expertise komunikasi dari FPG Indonesia yang sudah berpengalaman di client side, research agency, maupun multinational/local agency.
Selain itu, di FPG Indonesia, perusahaan juga memungkinkan untuk joint colllaborations jika produk atau brand sudah mempunyai inhouse creative. “Dengan adanya kolaborasi antara agency dan inhouse creative, bisa win-win solutions, klien bisa mendapatkan output terbaik dengan efektif dan efisien," lanjut Afwan, yang juga ketua komisi tetap bidang advertising di Kadin Indonesia.
FPG Indonesia sangat terbuka untuk milenial bergabung baik sebagai profesional maupun untuk magang. "Kami juga membuka kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh mahasiswa-mahasiswi semester akhir yang sedang karya tulis untuk berkreasi di FPG Indonesia. Dengan dukungan para expertise communication di FPG Indonesia, kami yakin bahwa Network hub ini akan menjadi tempat ideal untuk dilakukannya transfer knowledge, sehingga menciptakan tenaga unggul di bidang industri kreatif," tuturnya.
Ia pun optimis, periklanan akan menjadi subsektor industi kreatif yang menjanjikan. Oleh karena itu, tahun 2020, FPG Indonesia menargetkan pertumbuhan sebesar 15%. "Harapan kami, FPG Indonesia bisa meraih market share sebesar 2-5% di industri kreatif, khususnya periklanan,” tutup Afwan.