26 Juta Produk Lokal Tembus Pasar Global Melalui Program Ekspor Shopee

MIX.co.id - Produk-produk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan brand lokal tercatat sukses berdaya saing global melalui Program Ekspor Shopee. Program ini berhasil membuka jalan bagi lebih dari 26 juta produk lokal untuk diekspor ke berbagai negara di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin.

Diungkapkan Monica Vionna, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia, sepanjang beroperasi di Indonesia, Shopee berupaya mewujudkan komitmennya dalam berperan aktif mendorong roda perekonomian Indonesia. Sejumlah inovasi berkelanjutan yang dihadirkan telah berkontribusi membantu para UMKM dan brand lokal untuk berkembang hingga mencapai potensi pertumbuhan bisnis yang maksimal.

"Kini, kita dapat menyaksikan bagaimana pencapaian positif performa bisnis para pelaku usaha lokal dan sejalan dengan meningkatnya antusiasme dan permintaan pengguna terhadap produk Tanah Air. Tentunya, pencapaian luar biasa ini tidak terlepas dari dukungan dan sinergi seluruh ekosistem Shopee yang terus menciptakan dampak positif yang luas,” ucapnya.

Shopee juga berinovasi menghadirkan kampanye belanja tematik yang lengkap dan bervariasi untuk memberikan panggung bagi brand lokal dan UMKM untuk memasarkan produknya dengan maksimal.

Contohnya, semarak perayaan 8 tahun Shopee yang ditandai dengan kampanye ikonik, 12.12 Birthday Sale tahun 2023 lalu berhasil merealisasikan terciptanya bisnis berkelanjutan bagi UMKM dan brand lokal. Pada hari puncak kampanye 12.12, tercatat peningkatan transaksi produk lokal hingga 10 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

Selain menghadirkan kampanye belanja tematik, Shopee senantiasa fokus memperhatikan perilaku belanja online yang terus dinamis. Perubahan preferensi dan tren yang dapat mempengaruhi keputusan berbelanja menjadi salah satu prioritas utama Shopee untuk dikembangkan melalui rangkaian interaktif. Upaya ini bertujuan untuk menghubungkan pembeli dan penjual lebih dekat, menawarkan solusi melalui interaksi dan komunikasi secara real-time serta konten visual kreatif lewat Shopee Live dan Shopee Video.

Shopee semakin percaya akan pentingnya sinergi antar simpul dalam ekosistem yang terintegrasi dapat berdampak lebih besar dalam menjembatani kebutuhan masyarakat dan inovasi dari UMKM dan brand lokal.

Shopee Affiliate Program, didedikasikan untuk menawarkan ragam peluang untuk membantu penjual memperluas saluran promosi dengan berkolaborasi bersama para kreator. Shopee Affiliate Program turut hadir memberikan kemudahan bagi pengguna dalam berbagi inspirasi produk, dan bahkan menjadi ladang baru untuk penghasilan tambahan.

"Dilihat dari puncak kampanye 11.11 Big Sale, semakin banyak penjual yang merasakan manfaat dan keuntungan dari program ini, tercatat peningkatan jumlah produk UMKM dan Brand Lokal yang dipromosikan melalui Shopee Affiliate sebanyak lebih dari 9x lipat," imbuhnya.

Tak hanya mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri, melalui ekosistem digital yang terintegrasi, Shopee membimbing para UMKM dan Brand Lokal di Kampus UMKM Shopee Ekspor untuk piawai dalam memahami tren pasar internasional. Berinovasi menyesuaikan produk dengan kebutuhan dunia internasional, dan mengoptimalkan platform e-commerce Shopee sebagai strategi masa depan. Lewat Program Shopee Ekspor, para UMKM dan Brand Lokal telah memanfaatkan setiap program di Shopee, dimana tercatat lebih dari 26 juta produk lokal telah diekspor ke berbagai negara.

Untuk memberikan eksposur lebih bagi produk lokal, Shopee menghadirkan laman khusus bernama Shopee Pilih Lokal yang didedikasikan sebagai wadah bagi produk-produk lokal unggulan. Melalui laman ini, Shopee berinisiatif mengkurasi beragam koleksi berkualitas dari berbagai UMKM di Indonesia untuk memberikan kemudahan dan ruang yang lebih luas bagi pelaku usaha lokal dalam berkarya. Langkah ini bertujuan untuk membangkitkan rasa cinta masyarakat Indonesia terhadap UMKM dan Brand Lokal yang berhasil mendatangkan lebih dari 25 juta pengguna yang mengunjungi Shopee Pilih Lokal sepanjang tahun 2023.

"Sebagai mitra setia UMKM dan Brand lokal, Shopee akan terus menghadirkan lebih banyak inisiatif dan solusi digital yang inklusif untuk menghubungkan jutaan produk lokal bermutu kualitas tinggi menjadi pilihan hati masyarakat. Kami berharap dapat tercipta lebih banyak ruang dan peluang bagi para pelaku usaha lokal agar semakin inovatif dan berdaya demi menciptakan lebih banyak produk lokal yang bermutu kualitas tinggi,” pungkas Monica.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)