82% Masyarakat Belanja Elektronik, Rumah Tangga, dan Kesehatan di Platform E-commerce

MIX.co.id – Belanja online di platform e-commerce telah menjadi gaya hidup masyarakat. Hal ini ditengarai dengan 82% responden berbelanja produk elektronik, kebutuhan rumah tangga, dan kesehatan di platform e-commerce, dan 13% belanja melalui media sosial serta hanya 6% belanja secara offline.

Beberapa alasan yang mendorong mereka berbelanja melalui platform e-commerce, yakni hemat waktu dan tenaga (79%), gratis ongkos kirim (72%), harga lebih murah dari toko offline (62%), tersedia diskon pembelian (61%), dan kemudahan membandingkan harga dengan toko lain (57%).

Temuan tersebut terungkap dalam survei online bertajuk “Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Membeli Produk Elektronik, Rumah Tangga, dan Kesehatan Melalui E-commerce”, yang dilakukan Populix selama 10-26 Juli 2023 terhadap 1.005 responden laki-laki dan perempuan di Indonesia yang aktif dalam mengakses internet dan aplikasi e-commerce.

“Saat ini, masyarakat Indonesia cenderung memilih untuk berbelanja produk elektronik, rumah tangga, dan kesehatan melalui e-commerce. Di era persaingan yang semakin ketat di dunia perdagangan online, kepercayaan menjadi faktor utama yang memengaruhi pilihan konsumen terhadap platform e-commerce yang mereka gunakan,” ujar Indah Tanip, Head of Research Populix, dalam paparan hasil riset kepada media secara daring, Selasa (29/8), di Jakarta.

Tiga brand e-commerce yang menjadi pilihan utama masyarakat dalam membeli produk elektronik, rumah tangga, dan kesehatan adalah Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Tokopedia menempati top of mind masyarakat (44%), disusul Shopee (40%) dan Lazada (11%). Tokopedia juga menjadi e-commerce dengan tingkat konversi tertinggi dalam hal retensi pembelian.

Pada kategori produk elektronik, Tokopedia menjadi platform e-commerce yang paling banyak digunakan responden (58%) dalam satu bulan terakhir, disusul Shopee (47%) dan Lazada (14%). Kepercayaan konsumen terhadap Tokopedia sebagai e-commerce pilihan didasari oleh kualitas produk yang baik dan pengiriman yang aman. Di sisi lain, responden memilih Shopee karena harga yang terjangkau dan tersedianya promo gratis ongkos kirim, sedangkan Lazada dipilih karena pengiriman yang aman dan terpercaya, serta harga yang lebih terjangkau.

Hal yang sama terlihat juga pada kategori kebutuhan rumah tangga. Tokopedia (53%) menjadi platform e-commerce yang banyak digunakan dalam satu bulan terakhir, diikuti oleh Shopee (47%) dan Lazada (21%). Tokopedia dan Shopee memiliki tingkat kepuasan konsumen yang sama dengan skor 4.2, sementara Lazada pada skor 4.0.

Lain halnya pada kategori produk kesehatan, Shopee (80%) menjadi platform e-commerce yang paling sering digunakan oleh responden, diikuti oleh Tokopedia (37%) dan Lazada (22%). Shopee dinilai memiliki harga yang lebih terjangkau dan memiliki promo gratis ongkos kirim dibandingkan Tokopedia dan Lazada.

Menurutnya, para pemain e-commerce perlu terus mendengarkan aspirasi dan mempelajari perilaku konsumen, tidak hanya sekadar menyediakan penawaran menarik dan barang yang berkualitas. “Pemain e-commerce perlu terus mengembangkan layanannya dan memastikan bahwa setiap individu, dari berbagai lapisan masyarakat dan rentang usia, dapat menggunakan platform-nya dengan aman dan percaya diri,” tandas Indah Tanip. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)