Advan G1 Direspon Positif oleh Pasar, Apa Parametenya?

Usai dirilis pada pertengahan Februari 2017 lalu, Advan G1 langsung mendapat respon positif dari pasar. Ada dua parameter yang menunjukkan smartphone berbandrol Rp 2 jutaan itu disambut antusias oleh pasar Indonesia.

Parameter pertama adalah penjualan Advan G1 yang mencatat angka signifikan. Padahal, smartphone tersebut baru diluncurkan tiga bulan lalu. Salah satunya, dibuktikan oleh penjualan di dua situs belanja online terbesar di Tanah Air, yakni Lazada dan Blibli.com. Di kedua situs belanja online tersebut, Advan G1 berhasil menyabet predikat "Produk Terlaris of the Week".

Dengan larisnya Advan G1, Lazada dan Blibli.com memberikan harga khusus dari Rp 2.299.000 menjadi Rp 1.999.000 untuk pembelian minggu ini. Objektifnya adalah untuk mengapresiasi konsumen yang ingin merasakan kecanggihan smartphone lokal Advan G1.

Tjandra Lianto, Direktur Marketing Advan mengatakan bahwa pihaknya merasa bangga menjadi satu-satunya smartphone lokal yang mendapat predikat produk terlaris di dua e-commerce tersebut dalam rentang waktu minggu kemarin dan minggu ini.

“Advan akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada seluruh konsumen, dan terus bersaing dengan produk lokal maupun internasional untuk terus berinovasi sekaligus selalu meningkatkan kualitas smartphone keluaran Advan," terang Tjandra.

Parameter kedua adalah tingginya perbincangan terkait Advan G1 di social media, salah satunya Twitter. Pada minggu ini misalnya, 'AdvanG1ku' berhasil menjadi salah sati cuitan yang vanyak dibincangkan netizen di Twitter. Mayoritas netizen membahas kecanggihan kamera Advan G1 yang diakui sebagai lensa berkelas premium namun dengan harga terjangkau.

Dinilai Hasnul Suhaimi, Project Director Advan G1, salah satu keberhasilan Advan G1 di pasar Indonesia dikarenakan Advan G1 hadir setelah melalui tahapan pengembangan produk yang ideal. Survey pasar yang dilakukan Advan menunjukkan bahwa keinginan konsumen adalah adanya kesimbangan antara harga, kualitas, dan fungsi.

"ADVAN G1 ini memiliki kesesuaian antara harga yang pas dan kualitas yang memadai. Jika menilik teori yang ada, konsumen dalam membeli produk dipengaruhi oleh lima unsur. Pertama Need (kebutuhan), kedua, Recognition (Pengenalan), ketiga Search (Pencarian), keempat Evaluation (Evaluasi), kelima Decision (Keputusan), langkah terakhir dari suatu proses pembelian untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi yang diterima. Predikat 'Produk Terlaris of The Week' merupakan hasil dari proses tersebut yang dikelola Advan G1 dengan sangat baik," tutur mantan CEO XL-Axiata ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)