Indonesia masih menjadi pasar yang menjanjikan untuk produk mie instant. World Instant Noodles Association (WINA) mencatat, pada 2017, ada 100,1 miliar porsi mie instan yang dikonsumsi di seluruh dunia. Itu artinya, rata-rata 270 juta porsi dikonsumsi setiap harinya.
Dari angka itu, Indonesia menjadi negara dengan konsumsi mie instant terbesar kedua di dunia, dengan tingkat konsumsi 12,62 juta porsi mie instan setiap tahunnya. Peringkat pertama, ada China dan HongKong, dengan tingkat konsumsi mencapai 38,97 juta porsi per tahun.
Tingginya pasar mie instan di Indonesia mendorong PT Ajinomoto Indonesia masuk ke pasar mie instant pada 2017, dengan meluncurkan Mie Instant YumYum dengan dua varian rasa, yakni Tom Yum Udang Kuah Creamy. November ini, Ajinomoto kembali menghadirkan varian terbaru dari produk mie instant impor, YumYum Thai Grilled Chicken atau YumYum rasa Ayam Panggang Pedas Thailand.
Banyaknya varian kuliner khas Thailand yang memiliki citarasa unik karena menggunakan bumbu rempah-rempah pilihan, membuat Ajinomoto Indonesia berangkat membawa ide untuk menghadirkan citarasa khas Thailand di Indonesia. "Jika sebelumnya varian Mie Instant kuah YumYum memiliki citarasa asam, pedas, creamy Tom Yum Udang, kali ini kami menghadirkan varian baru mie goreng yang memiliki citarasa dan aroma Ayam Panggang Pedas Khas Thailand," ucap Suparman, New Business Department Manager PT Ajinomoto Indonesia.
Lebih lanjut ia menjelaskan, YumYum Thai Grilled Chicken merupakan Mie Goreng Instant dengan citarasa khas Thailand, yang kaya dengan rasa dan aroma Ayam Panggang Pedas yang terbuat dari rempah-rempah pilihan asli dari Thailand. "Tak perlu khawatir soal keamanan dan kehalalan dari produk ini, karena sama seperti varian pendahulunya, YumYum Mi Goreng Rasa Ayam Panggang Pedas walaupun mie instant impor, namun sudah memiliki label halal dari LPPOM MUI," imbuh Suparman yang menyebutkan bahwa varian terbaru itu sudah hadir berbagai supermarket di Indonesia.