News Trend

Alia Tawarkan Solusi Pengelolaan Finansial untuk Segmen Millennials

MIX.co.id – Finansial menjadi salah satu masalah yang kerapkali dihadapi segmen millennial. Sulitnya millennial mengatur finansial berakibat pada pola konsumsi yang boros. Tak heran, jika millennial hanya dapat menabung 10% dari pendapatan mereka. Bahkan, hanya 17% millennial di Jakarta yang mampu membeli rumah.

Berangkat dari fakta itu, tiga perempuan muda–Nadia Amalia, Fransisca Susan, dan Fadhila–berinisiatif membangun bisnis dengan brand Alia, pada 2020 lalu. Berskala startup, Alia berfokus pada aplikasi keuangan pribadi berbasis Artificial Intelligence (AI).

Diceritakan Nadia Amalia, CEO sekaligus Co-Founder Alia, pada hari ini (10/8) dalam wawancara online, “Alia dihadirkan karena kecintaan kami pada sektor finansial. Alia dimulai ketika saya dan Susan mengikuti fintech pitching competition di Massachusets Institute of Technology di Amerika Serikat. Selanjutnya, kami membangun Alia dengan misi meningkatkan literasi keuangan di Indonesia melalui teknologi.”

Lebih jauh ia menjelaskan, selain itu, masih sedikit platform lokal yang menawarkan solusi untuk personal finance. Oleh karena itu, menyasar segmen millennial, Alia dihadirkan pada Januari 2020. “Alia dihadirkan untuk membantu mengatasi permasalahan pengelolaan keuangan segmen millennials untuk dapat memiliki pemahaman dan manajemen yang lebih baik terhadap keuangan, membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat berdasarkan analisa data, serta mendapatkan pendampingan dari konsultan keuangan dengan biaya yang lebih terjangkau,” paparnya.

Alia menyediakan solusi yang end-to-end (terintegrasi) untuk seluruh kebutuhan finansial masing-masing individu. Di antaranya, Automatic Financial Planning, yang mengintegrasikan seluruh produk finansial yang dimiliki nasabah mencakup e-wallet dan bank untuk memberikan gambaran menyeluruh atas transaksi keuangan; Financial Habit Analytics dan AI Recommendation, yang menyediakan analisis terhadap kebiasaan pengeluaran nasabah dan memberikan rekomendasi melalui pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence; serta Financial Consultation, yang didukung oleh para konsultan keuangan berpengalaman yang siap melayani nasabah yang membutuhkan konsultasi lebih jauh terkait pengelolaan keuangan.

Dipaparkan Nadia, profil pengguna Alia adalah millennials usia 20-30 tahun, tinggal di kota besar, yang tengah kuliah atau yang baru meniti karir dengan gaji yang masih terbatas, yakni sebesar Rp 4 juta-Rp 6 juta per bulan. Rata-rata pengeluaran mereka digunakan untuk kebutuhan pokok dan 15-20% untuk ditabung. “Saat ini, Alia telah membantu 20.000 nasabah, dengan nilai transaksi sebesar Rp 2,5 triliun. Kami juga telah berhasil membantu nasabah untuk menabung 20% dari pendapatan mereka setiap bulannya,” lanjutnya.

Sebagai startup yang mengikuti program “Startup Studio Indonesia” batch-2 yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, diakui Nadia, Alia sangat terbantu dalam melakukan pengembangan bisnis, khususnya dalam pengembangan produk Alia. “Selain itu, Startup Studio Indonesia juga telah membantu kami untuk memperluas potensi bisnis dan kolaborasi,” pungkas Nadia.

Editor: Dwi Wulandari (www.mix.co.id)

Dwi Wulandari

Recent Posts

Binus Graduate Program Luncurkan Program Magister Desain

MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…

22 hours ago

Targetkan Pangsa Pasar 27%, Ini Strategi yang Dipersiapkan Allianz Syariah di 2024

MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…

23 hours ago

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

1 day ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

2 days ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

2 days ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

2 days ago