APCI Luncurkan Indonesian Pangasius di "SEAFEX 2018"

Indonesian Pangasius, merek baru milik Asosiasi Pengusaha Catfish Indonesia (APCI), resmi diluncurkan di ajang eksibisi "SEAFEX 2018" di Dubai. Ekshibisi tersebut dihadiri oleh eksportir dari negara-negara Timur Tengah dan Asia.

Lebih dari 45 pembeli yang berpeluang tinggi telah terdaftar dalam pertemuan dan transaksi bisnis yang mayoritas adalah dari negara United Arab Emirates (UAE). Dari keseluruhan minat pembeli tersebut, diperkirakan kegiatan Ekshibisi itu berpotensi menghasilkan bisnis lebih dari 10 juta dolar.

Machmud, Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP, Kementrian Kelautan dan Perikanan Indonesia yang ikut meresmikan peluncuran Indonesian Pangasius juga menyatakan kegembiraanya dengan perolehan prospek order bagi Indonesian Pangasius.

"Saya sudah menyangka produk Indonesian Pangasius ini akan diterima dengan baik. Ini merupakan pencapaian yang betul-betul melebihi harapan. Kami sangat gembira bahwa dukungan kami selama ini untuk APCI membawa hasil yang positif," tuturnya.

Dari hasil diskusi dan eksplorasi kepada para buyer, dipelajari bahwa sebagian besar sedang mencari alternatif suplai pangasius ke pasar. Terutama bagi negara-negara yang sedang mengalami permasalahan dengan import dari Vietnam. Adanya tawaran dari Indonesian Pangasius ini merupakan angin segar bagi para pembeli.

Samiono, Anggota APCI, menambahkan, selain fillet dan cut-portion pangasius, ternyata minat yang tinggi juga ditunjukkan untuk Snack kulit ikan pangasius yang dibungkus dalam telur asin. "Produk bernilai tambah ini adalah produk yang sedang menjadi perhatian konsumen, yang memiliki potensi pasar yang tinggi," yakinnya.

Lebih lanjut Samiono menerangkan, dengan adanya minat tinggi terhadap ikan pangasius yang ditawarkan, maka tugas berikutnya adalah bagaimana mengkonversi menjadi kontrak bisnis dan kemudian mengirimkan kontainer pertama ke negara yang dituju.

"Persiapan untuk ikut dalam ekshibisi berikutnya di negara Timur Tengah termasuk yang harus menjadi prioritas dan perlu dikembangkan. Kami menunggu kesempatan untuk kembali dan berpartisipasi dalam event Gulfood di bulan Februari di Dubai, tahun depan," harap Samiono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)