MIX.co.id – Astra Financial mencatatkan peningkatan performa bisnis yang positif, seiring pemulihan perekonomian masyarakat dan menurunnya kasus Covid-19.
Hal itu tercermin dari pertumbuhan aset Astra Financial yang mencapai Rp 142 triliun pada kuartal pertama (s/d Maret 2022), meningkat dari Rp 135 triliun pada 31 Desember 2021.
Perusahaan juga mencetak pertumbuhan laba sebesar 50% menjadi Rp 1,5 triliun dibandingkan kuartal pertama tahun 2021 senilai Rp 985 miliar. Pertumbuhan bisnis ini didukung oleh sejumlah inovasi digital dan peluncuran produk baru.
Kontribusi laba bersih dari lini bisnis pembiayaan mobil (ACC dan TAF) meningkat 55% menjadi Rp 385 miliar, sedangkan pembiayaan sepeda motor (FIFGROUP) meningkat 83% menjadi Rp 751 miliar.
Total pembiayaan baru yang disalurkan oleh bisnis pembiayaan alat berat meningkat sebesar 141% menjadi Rp 3,3 triliun. Kontribusi laba bersih dari segmen ini juga meningkat 54% menjadi Rp 20 miliar.
Asuransi Astra juga mencatatkan peningkatan laba bersih sebesar 9% menjadi Rp 341 miliar, terutama disebabkan pendapatan underwriting dan hasil investasi yang lebih tinggi.
“Kondisi ini tentunya akan menjadi semangat bagi kami untuk terus berinovasi dan memberikan layanan keuangan yang prima kepada masyarakat,” ucap Suparno Djasmin, Director in Charge Astra Financial, dalam rilis yang diterima redaksi pada Kamis (23/6), di Jakarta.
Tahun ini Astra International untuk ke-4 kalinya menjadi sponsor utama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, yaitu di Jakarta pada tanggal 11-21 Agustus 2022, Surabaya (14-18 September 2022) dan Medan (5-9 Oktober 2022).
Mengikuti perkembangan perilaku konsumen, terutama kaum muda yang semakin akrab dengan platform digital, Astra Financial pun turut meluncurkan berbagai inovasi digital. Inovasi-inovasi tersebut membuat layanan keuangan Astra Financial tidak hanya dapat dijangkau di kota besar melalui cabang offline, namun juga online di berbagai wilayah di Indonesia.
Berbagai layanan keuangan digital diluncurkan oleh Astra Financial seperti MAUCASH, MOXA, AstraPay, hingga SEVA. Seluruh layanan digital tersebut turut berperan untuk memperkuat layanan offline yang sudah ada serta menjadi pelengkap dari ekosistem Astra Financial.
Lebih lanjut, pihaknya mendukung pemulihan ekonomi melalui program Corporate Social Initiative (CSI) seperti pemberian bantuan 18 ventilator ke berbagai daerah di Indonesia; donasi 75.812 paket sembako; memfasilitasi vaksinasi kepada 10.000 lansia dan guru di ICE BSD; dana bergulir untuk 1.421 UMKM; serta menanam lebih dari 40 ribu pohon, serta dimulainya pemasangan solar panel di berbagai cabang untuk perbaikan energi dan lingkungan. ()