Setelah berhasil membukukan premi sebesar Rp 3,78 triliun pada 2018 lalu, PT Asuransi Astra menargetkan pertumbuhan premi sebesar 5% atau menjadi Rp 4 triliun pada akhir 2019 ini. Sementara itu, pada semester pertama 2019, pendapatan premi Asuransi Astra telah mencapai Rp 2,43 triliun atau tumbuh 10% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Diakui Rudy Chen, CEO Asuransi Astra, pertumbuhan tersebut didorong oleh kenaikan double digit pada produk asuransi sektor komersial dan kesehatan. Sementara, di sektor otomotif, hanya asuransi kendaraan roda dua (motor) yang bertumbuh 7-8%. Sedangkan, asuransi kendaraan roda empat mengalami penurunan. "Penurunan ini sejalan dengan industri mobil yang memang tengah turun," katanya.
Salah satu strategi yang dilancarkan Asuransi Astra untuk mencapai target tersebut adalah dengan menciptakan aplikasi Garda Mobile Otocare. Selain itu, Asuransi Astra juga menghadirkan Garda Oto Digital.
Dihadirkannya aplikasi tersebut, karena Asuransi Astra melihat adanya perubahan pola perilaku pelanggan yang menginginkan layanan yang jauh lebih praktis serta bisa diakses di mana saja dan kapan saja.
Kendati demikian, Asuransi Astra memilih strategi omni channel, yakni pendekatan multichannel dengan memberikan pelanggan pengalaman berbelanja yang nyaman, baik saat mereka berbelanja online atau lewat offline. Lantaran, masih banyak pelanggan yang lebih memilih datang ke gerai Garda Center maupun cabang.
Tahun ini, Asuransi Astra kembali menggelar inisiatif #Pijarilmu 2019. Setelah sukses merevitalisasi 50 perpustakaan di 24 kota di Indonesia, Asuransi Astra kembali menggelar #Pijarilmu yang dikemas melalui format employee volunteering, dimana karyawan Asuransi Astra dilibatkan.
Di program #Pijarilmu2019, Asuransi Astra menggelar revitalisasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK), terutama PAUD atau TK untuk anak-anak berkebutuhan khusus (inklusi). Selain itu, #Pijarilmu 2019 juga menggelar pelatihan manajemen keuangan sehat untuk orangtua dan guru.
(Simak ulasan lengkap tentang inisiatif #Pijarilmu 2019 dari Asuransi Astra, pada Majalah Mix edisi Agustus-September 2019)