Avanza Dominasi 66% Penjualan Toyota

Berakhirnya kuartal pertama di tahun 2013, ternyata cukup membanggakan bagi Toyota. Pabrikan otomotif asal Jepang ini berhasil membukukan total penjualan sebesar 103.967 unit sepanjang periode Januari–Maret 2013. Angka tersebut mengindikasikan pertumbuhan sebanyak 8,2 % dibandingkan periode yang sama di tahun 2012 sebesar 96.053 unit.

Penjualan Avanza mencapai 68.855 unit, atau mendominasi 66,23% dari total penjualan Toyota Astra Motor di kuartal pertama 2013 sebanyak 103.967 unit.

Dari keseluruhan penjualan, Avanza dari segmen MPV tercatat masih mendominasi dengan pencapaian penjualan sebanyak 68.855 unit. Atau dengan kata lain, menyumbang 66,23 % dari total penjualan Toyota di kuartal pertama 2013. Market share Avanza juga tercatat mencapai 51,6 %.

“Pencapaian di segmen MPV ini, salah satunya dikarenakan Toyota Avanza telah berhasil mencetak total penjualan 48.564 unit, Toyota Kijang Innova 18.911 unit dan Toyota NAV1 sebanyak 1.201 unit, di sepanjang kuartal pertama 2013,” papar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor.

Sementara di segmen sedan, secara total Toyota telah berhasil mencapai penjualan 3.172 unit dengan pangsa pasar sebesar 41 %. Dilihat dari komposisi penjualan, kontribusi berasal dari segmen entrysedan sebesar 1.948 unit, disusul segmen low sedan sebanyak 452 unit, kemudian medium sedan 679 unit, dan terakhir luxury sedan sekitar 93 unit.

Untuk segmen compact car, Toyota mencatatkan pangsa pasar sebesar 38% dengan total penjualan 6.919 unit. Pencapaian tersebut tumbuh 46,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2012 sebanyak 4.714 unit.

Di segmen SUV, Toyota mencetak total penjualan 13.376 unit dengan pencapaian market share sebesar 38,1 persen. Varian Toyota Rush menjadi kontributor utama yang menyumbang penjualan 7.666 unit, sedangkan Fortuner hanya mencetak total penjualan 5.710 unit.

Terakhir, dari segmen kendaraan komersil (pick up), sedikitnya Toyota berhasil mencetak total penjualan sebanyak 4.074 unit, atau terjadi pertumbuhan sekitar 77,9 % dibandingkan kuartal pertama 2012 sebanyak 2.290 unit. Sedangkan di segmen kendaraan niaga 2 ton, Toyota berhasil mencetak penjualan sebesar 6.896 unit dalam periode yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)