Bekali Generasi Muda tentang Industri Jasa Survei, BUMN Jasa Survei Gelar Kuliah Umum

MIX.co.id - Program Kuliah Umum resmi digelar secara virtual pada Agustus ini. Dihadiri oleh oleh 5.000 mahasiswa dari seluruh Indonesia, program ini merupakan bentuk kolaborasi BUMN Holidng Jasa Survei, yang terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) (Persero), PT SUCOFINDO (Persero), dan PT Surveyor Indonesia (Persero).

Sebelumnya, BUMN Holding Jasa Survei telah melakukan jajak pendapat kepada 5.000 pendaftar yang merupakan mahasiswa. Hasilnya, 51 % sudah mengenal BUMN Jasa Survei, namun 64 % belum mengetahui bisnis TIC. Oleh karena itu, program Kuliah Umum ini digelar.

Berkolaborasi juga dengan berbagai kampus di Indonesia, program Kuliah Umum ini mengusung tema “BUMN Jasa Survei bersama Generasi Unggul Indonesia Hadir untuk Pemulihan Ekonomi Nasional”.

Dijelaskan Direktur Utama PT BKI (Persero) Rudiyanto, “Melalui program ini, kami berharap generasi muda memiliki bekal untuk jauh lebih tertarik memahami industri Jasa Survei, khususnya pada jasa Testing, Inspection, Certification, Classification, and Statutory (TIC-CS).”

Industri TIC-CS merangkum segala industri, baik industri downstream, midstream, hingga upstream. “Oleh karena itu, Industri TIC-CS adalah tempat yang tepat untuk belajar. Kami yakin di kemudian hari akan menjadi hal yang diperlukan,” yakinnya.

“Pandemi ini berdampak pada kinerja ekonomi nasional, termasuk jasa TIC. Namun, khususnya di tahun 2021 ukuran pasar TIC mengalami peningkatan pada sektor farmasi dan jasa kesehatan, serta makanan. Oleh karena itu, kami berharap dengan menyatukan peranan BUMN Jasa Survei ini mampu menguatkan kapabilitas Industri TIC di Indonesia maupun di kancah global,” tambah Direktur Utama PT SUCOFINDO (Persero) Mas Wigrantoro Roes Setiyadi.

Sementara itu, menurut Direktur Utama PT Surveyor Indonesia (Persero) M. Haris Witjaksono, ”Peran Jasa Survei dalam memberikan pemastian, juga mampu mendukung Pemerintah dalam kepatuhan terhadap regulasi dan standar, bisnis dalam meningkatkan daya saing, serta pemenuhan ekspektasi masyarakat dan konsumen atas produk atau jasa dengan memberikan keamanan.”

Dalam merespon program BUMN untuk pengembangan talenta, BUMN Holding Jasa Survei juga tengah mempersiapkan untuk sesi lanjutan, yaitu Workshop mengenai ISO 45001:2018 dan ISO 19011:2018; Sertifikasi Halal; Audit Cleanliness, Health, Safety, and Evironment Sustainability (CHSE); Pelatihan Jasa Survei untuk beberapa sektor bisnis; Kehumasan dalam BUMN Jasa Survei; serta Jasa Survei dalam membangun Industri Maritim Nasional.

Editor: Dwi Wulandari (www.mix.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)