Belajar dari Pandemi: Tiga Pelajaran untuk Penjualan Langsung

Asosiasi Penjualan Langsung AS melakukan survei terhadap anggotanya untuk menilai dampak Covid-19 pada bisnis mereka. Hasil survei mengungkapkan bahwa sebagian besar optimis dengan lebih dari 60% responden menyatakan dampak positif terhadap perusahaan mereka.

“Tren ini kemungkinan akan bertahan tahun ini, berkat berbagai perubahan yang telah diterapkan oleh para pemangku kepentingan industri untuk memastikan keberlanjutan jangka panjang,” ujar Malou Caluza, CEO QNET, perusahaan penjualan langsung.

Dalam rilis yang diterima redaksi pada pekan lalu (22/1), ia membagikan pengetahuannya tentang tiga pelajaran berharga yang telah dia pelajari dari tantangan tahun lalu, yakni  tidak dapat terhindar dari digitalisasi; fokus  pada pemimpin utama; dan belajar melupakan kesalahan.

Dijelaskan, bisnis penjualan langsung selalu memiliki kombinasi sistem dukungan online dan offline untuk jaringan mereka, tetapi dalam setahun terakhir ini, 100% online adalah satu-satunya pilihan.

Transformasi digital dari program orientasi, materi pendukung bisnis, dan peningkatan ketersediaan konten digital merupakan pendekatan yang sangat hemat biaya bagi perusahaan untuk memberikan dukungan dan sistem ke jaringan mereka.

“Perusahaan yang telah berinvestasi dalam mengembangkan dan meningkatkan pengalaman pelanggan online untuk distributor mereka melalui platform e-commerce dan dasbor virtual akan menuai hasilnya dalam jangka panjang,” ujarnya.

Selama masa krisis, orang mencari bimbingan, dukungan dan harapan dari para pemimpin utama. “Kami membutuhkan mereka untuk memiliki keyakinan bahwa kami diperlengkapi secara memadai untuk menghadapi krisis ini,” ungkapnya.

“Mereka memiliki denyut nadi jaringan di lapangan dan itu sangat berharga bagi perusahaan mana pun yang membuat perubahan cepat di masa-masa sulit ini,” imbuh Malou Caluza.

Lebih jauh, ia memaparkan bahwa pandemi Covid-19 merupakan krisis terparah yang pernah dialami seluruh dunia modern dalam 100 tahun terakhir. Sulit membayangkan perubahan besar yang terjadi dalam satu tahun, atau peluang, bagi penjualan langsung, dibandingkan 2020. Dan tren ini akan berlanjut hingga 2021.

Tindakan terbaik adalah memahami penyebabnya dan mencegahnya terjadi lagi. Selama perusahaan penjualan langsung beradaptasi dengan perubahan dan belajar dari pelajaran berharga dari tahun lalu, tidak ada waktu yang lebih baik untuk semua orang selain sekarang.

“Pelajarannya di sini adalah belajar dari kesalahan dan kemunduran dengan cepat dan terus maju, karena bahkan di tengah pandemi, dunia tidak menunggu Anda untuk pulih,” tandas Malou Caluza.()

Tags:
eCommerce QNET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)