#Prodia
Prodia juga menjadi perusahaan yang telah memanfaatkan e-marketing. “Masalah awal yang ada di Prodia adalah produktivitas dan efisiensi rendah. Selain itu, kepuasan pelanggan juga rendah bila dilihat dari data keluhan pelanggan,” kata M.A. Isti Hardiknastuti, Asisten Manajer Komunikasi Pemasaran PT Prodia Widyahusada Tbk.,
Menjawab permasalahan itu, lanjutnya, Prodia pun kemudian mengembangkan program untuk peningkatkan efisiensi. Pertama, e-Prodia, layanan elektronik yang memuat Pesan Online Prodia dan Hasil Online Prodia. e-Prodia diluncurkan untuk menanggulangi ketidaknyamanan pelanggan saat mengantre di gerai.
Kedua, home service secara online melalui aplikasi. Dengan sistem ini, internal Prodia juga lebih mudah mengaturnya dan pasien tidak merasa kesulitan booking untuk home service. Ketiga, Kontak Prodia, teknologi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan; semua informasi akan terpusat di situ. Kontak Prodia tidak hanya melalui telepon, tetapi juga media sosial. Lalu, ada chatbox di Telegram, Line, dan Facebook. Ada juga Prodia Patient Portal.
“Dengan adanya TI ini, revenue kami meningkat. Indeks kepuasan pelanggan dan corporate image index kami juga turut meningkat. Market share kami paling besar dibandingkan lab lain. Revenue juga meningkat 6-7%. Bahkan, tahun lalu naik dua digit sekitar 14%,” ujar Isti tanpa menyebutkan nilainya.
#Federal Karyatama
Sementara itu, PT Federal Karyatama (FKT) juga merambah ke digital dengan membangun infratruktur dari marketing hingga sales. Bagus Perdana, Digital Associate Manager FKT, menjelaskan, ada tiga hal yang ingin didapatkan FKT di digital marketing, yaitu connect, engage, dan convert.
Bagi FKT, digital marketing harus mampu menjadi media untuk menjalin komunikasi, baik terhadap bengkel (customer), pelanggan (consumer), dan target pembeli baru (shopper). Selanjutnya, meningkatkan keterlibatan audiens dan juga target penjualan. Beberapa aktivitas di media sosial juga sudah dilakukan FKT seperti TGOF (Tanggal Ganti Oli Federal) dan program Kamis Spesialis. Keduanya terlihat efektif meningkatkan engagement audiens.
MIX.co.id - Sejak diluncurkan pada Maret 2024 lalu, Implora berhasil menjual Peeling Gel berukuran 50…
MIX.co.id - Serius menggarap pasar smartphone di Indonesia, tahun ini, Sharp Indonesia memperluas area penjualannya…
MIX.co.id - Smartfren melalui gerakan Smartfren 100% untuk Indonesia meraih penghargaan kategori perak dalam ajang…
MIX.co.id - Berhasil mencetak kinerja positif sepanjang kuartal pertama (Q1) 2024, Vietjet mematok pertumbuhan tinggi…
MIX.co.id - PropertyGuru Indonesia Property Awards ke-10 kembali digelar di tahun ini. Dalam rangkaian kegiatan…
MIX.co.id - Wings Group melalui merek Kecap Sedaap, kembali menggelar "Pesta Kuliner Sedaap" Gelaran Pesta…