Categories: News Trend

Belanja Iklan Q3 2018 Capai Rp 39 Triliun, Siapa Kontributor Terbesar?

Sepanjang tiga kuartal tahun ini, Januari-September 2018, pertumbuhan belanja iklan di Tanah Air masih menunjukkan tren positif. Merujuk data Nielsen, pertumbuhannya mencapai 5% dengan total belanja yang mencapai Rp 114,4 triliun. Sementara itu, pada kuartal ketiga (Q3) 2018, total belanja mencapai Rp 39 triliun dengan pertumbuhan yang masih mencapai 4% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2017.

Di tahun politik seperti sekarang, kategori Pemerintahan dan Politik menjadi penyumbang belanja iklan terbesar di sepanjang Q3 2018. Total belanja iklan pada kategori tersebut menyentuh Rp 2,9 triliun atau tumbuh 40%. Selanjutnya, diikuti oleh kategori Layanan Online yang tumbuh 45 persen dengan total belanja iklan yang mencapai Rp 2,4 triliun. Di urutan ketiga, ada kategori Perawatan Rambut dengan belanja iklan sebesar Rp 2,1 triliun.

Berikutnya, kategori Rokok Kretek menempati peringkat keempat dengan belanja iklan mencapai Rp 1,6 triliun atau tumbuh 8%. Di posisi kelima, ada kategori Perawatan Wajah dengan total belanja iklan Rp 1,5 triliun, atau tumbuh tipis 0,2%.

Pada periode Q3 2018, ada dua kategori yang mengalami penurunan pertumbuhan belanja iklan. Kedua kategori itu adalah perawatan rambut dan telekomunikasi. Di periode itu, kategori perawatan rambut tiin 6% denfan total belanja iklan sebesar Rp 2,1 triliun. Sementara itu, kategori telekomunikasi turun lebih jauh lagi, yakni minus 28% dengan total belanja iklan yang hanya Rp 1 triliun.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Binus Graduate Program Luncurkan Program Magister Desain

MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…

11 hours ago

Targetkan Pangsa Pasar 27%, Ini Strategi yang Dipersiapkan Allianz Syariah di 2024

MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…

11 hours ago

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

1 day ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

1 day ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

1 day ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

1 day ago