Bidik Investor Milenial, Pluang Luncurkan Micro E-mini S&P 500 Index Futures

Setelah sukses meluncurkan produk invetasi tabungan emas digital di tahun 2019, perusahaan teknologi finansial Pluang kembali melakukan gebrakan investasi di tahun ini dengan meluncurkan micro e-mini S&P 500 index futures.

Micro e-mini S&P 500 index futures - atau dikenal dengan Pluang S&P 500 - merupakan produk berjangka yang ditransaksikan di bursa Chicago Mercantile Exchange (CME), bursa berjangka terbesar di dunia. Tak ayal jika produk investasi ini adalah yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.

“Tujuan diluncurkannya produk ini adalah membuka akses lebih luas kepada masyarakat Indonesia terhadap produk keuangan mancanegara, dengan mudah, aman, dan terjangkau,” ujar Co-Founder Pluang, Claudia Kolonas, dalam acara launching virtual via zoom di Jakarta, Selasa (29/9).

Produk ini membidik para investor dari kalangan milenial yang melek digital. Menurutnya, potensi milenial untuk melek keuangan masih sangat tinggi sehingga pihaknya fokus untuk menggarap segmen ini.

Merujuk pada data Kustodian Sentral Efek Indonesia per Oktober 2019, investor berusia di bawah 30 tahun mendominasi pasar modal yakni mencapai 43,28 persen, sedangkan jumlah investor berusia 31-40 tahun sebanyak 24,91 persen. “Makanya, investor dari kalangan milenial muda yang tertarik memiliki keuntungan dari indeks saham Amerika Serikat bisa terwujud melalui produk Pluang S&P 500,” kata Claudia.

Dipaparkan, indeks S&P 500 digunakan untuk mengukur kinerja pasar saham di Amerika Serikat (AS). Indeks ini mewakili 500 perusahaan publik terpercaya di AS, seperti Apple, Microsoft, Google, Facebook, dan perusahaan Amazon. Hanya perusahaan terpilih dan memenuhi kualifikasi yang dapat masuk ke dalam S&P 500. Kualifikasi tersebut diantaranya berkantor pusat di AS; terdaftar sebagai perusahaan publik minimal setahun; memiliki kapitalisasi pasar senilai USD 3.7 miliar; serta melaporkan laba positif selama empat triwulan terakhir.

Kapitalisasi pasar dari S&P 500 per Agustus 2020 mencapai USD 30.5 triliun atau setara 70-80 persen dari total kapitalisasi pasar saham AS. Terbesar di sektor telekomunikasi informasi (28,7 persen), disusul sektor kesehatan (farmasi) sebesar 14 persen. Dalam kurun 5 tahun terakhir, kinerja indeks S&P 500 menunjukkan tren positif dan akan berlanjut dalam jangka panjang.

Membeli produk Pluang S&P 500 sangat cocok untuk investasi jangka panjang. “Produk ini juga direkomendasikan untuk investor yang telah memiliki pengalaman investasi,” imbuhnya. Lebih jauh, untuk menjamin keamanan dalam berinvestasi, semua transaksi yang tercatat dalam Pluang S&P 500 diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) dan dijamin oleh PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) sehingga pengguna dapat dengan tenang mengatur rencana keuangannya sesuai jangka waktu yang diinginkan. Perusahaan telah dilengkapi izin untuk penyaluran amanat nasabah ke bursa luar negeri.

Tidak hanya aman dan terjangkau, Pluang memberikan satu lagi kelebihan yang paling dibutuhkan masyarakat di era digital ini, yakni kepraktisan.

Di aplikasi Pluang, yakni www.pluang.com yang dapat diungguh di Android, proses investasi micro e-mini S&P 500 dapat dilakukan dengan mudah, hanya dalam 3 ketukan. Penjualan dan penarikan dana dapat dilakukan secara realtime. Artinya, tidak ada penundaan dalam mencairkan dana. Investor dapat membelinya mulai dari 1 unit seharga USD 35. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)