Brio Pimpin Pasar City Car di Indonesia

Semenjak diluncurkan pada Agustus 2012 lalu, dalam kurun waktu kurang dari setahun Honda Brio telah berhasil menguasai pangsa pasar city car di Tanah Air dengan pangsa pasar 31%. Penjualan Brio juga diprediksi akan menembus angka 10 ribu unit di bulan Maret 2013 ini, dimana hingga Februari 2013 lalu penjualan Brio sudah mencapai 9.529 unit.

Selama tujuh bulan dipasarkan di Indonesia, Honda Brio telah berhasil menjadi market leader dengan penguasaan 31% pangsa pasar 31%, dan total penjualan yang mencapai 9.529 unit hingga Februari 2013 lalu.

“Setelah diluncurkan dalam kurun waktu kurang dari setahun, penjualan Honda Brio diperkirakan akan menembus angka 10 ribu unit di bulan Maret 2013. Ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat baik bagi sebuah produk baru dan sekaligus membuktikan bahwa Honda Brio merupakan produk terbaik yang menjadi pilihan utama konsumen Indonesia di kelas city car,” ungkap Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor, dalam siaran persn yang diterima MIX.

Sementara itu pada segmen SUV, All New Honda CR-V yang telah diiluncurkan sejak September 2012 lalu juga memperoleh permintaan yang tinggi dari konsumen. Untuk Februari 2013, All New Honda CR-V menjadi kontributor terbesar terhadap total penjualan Honda yaitu sebanyak 3.078 unit, meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya sebanyak 1.891 unit. All New CR-V juga berhasil menjadi pemimpin Pasar di kelas SUV dengan pangsa pasar 37%.

Untuk segmen hatchback, kehadiran New Honda Jazz pada Januari 2013 lalu juga mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari konsumen, dengan total penjualan 2.999 unit, atau meningkat dibanding bulan sebelumnya yang terjual 2.337 unit. Sampai saat ini Honda Jazz masih menjadi yang terkuat di segmen hatchback, dengan pangsa pasar sebesar 44%.

Menyusul Honda City yang juga berhasil menjadi market leader untuk segmen sedan yang berhasil menguasai 59% pangsa pasar. Sepanjang Februari 2013, Honda City sendiri meraih angka penjualan 573 unit, setelah di bulan sebelumnya terjual 96 unit.

Di kelas small sedan, Honda Civic terjual sebanyak 383 unit di bulan Februari 2013, dan menjadi pemimpin pasar di kelasnya dengan pangsa pasar sebesar 57%. Sedangkan Honda Accord mencatat angka penjualan 91 unit di bulan Februari 2013 dan menguasai pangsa pasar 11% di kelas medium sedan.

Di segmen MPV, Honda Freed menyumbang angka penjualan sebesar 832 unit selama bulan Februari 2013, dan menguasai pangsa pasar sebesar 7%. Sementara Honda Odyssey memperoleh total penjualan sebanyak 28 unit pada bulan Februari lalu.

Di bulan kedua tahun 2013 ini, PT Honda Prospect Motor (HPM) berhasil menembus angka penjualan sebanyak 9.529 unit di seluruh Indonesia. Penjualan bulan Februari 2013 meningkat 66% dibanding dengan bulan Januari 2013 lalu, yang tercatat sebesar 5.746 unit. Hingga saat ini, HPM sendiri telah menguasai pangsa pasar otomotif sebesar 7.6% di seluruh Indonesia.

“Selain Honda Brio, produk-produk Honda lainnya juga turut memberikan kontribusi angka penjualan yang sangat baik di Februari lalu. Produk Honda yang menjadi pemimpin pasar selain Honda Brio antara lain, Honda Jazz, Honda CR-V, Honda City dan Honda Civic. Ini merupakan sebuah tanda yang baik dan kami yakin tahun 2013 akan menjadi tahun yang baik bagi Honda,“ tutup Jonfis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)